10 Negara Terbaru di Dunia, Ada Sudan Selatan dan Kosovo

NTVNews - Berita Hari Ini, Terbaru dan Viral - 20 Jun 2024, 06:05
Agus Setiawan
Penulis
Beno Junianto
Editor
Bagikan
Ilustrasi kota Ilustrasi kota (Pixabay)

Ntvnews.id, Jakarta - Dinamika global terus berubah seiring berjalannya waktu. Saat ini, terdapat 195 negara di dunia. Beberapa di antaranya sudah berusia cukup tua, sementara lainnya baru didirikan dalam dua dekade terakhir. Pergeseran kedaulatan dan kemunculan negara-negara baru menandai dinamika tersebut.

Negara-negara terbaru atau termuda di dunia tidak hanya menonjol karena pendiriannya yang baru, tetapi juga karena tantangan dan peluang unik yang mereka hadapi.

Mulai dari Sudan Selatan, yang lahir setelah konflik selama beberapa dekade, hingga Kosovo yang berjuang menuju pengakuan internasional, masing-masing negara ini memiliki sejarah yang unik. Dikutip dari Times of India, berikut 10 negara terbaru di dunia.

1. Sudan Selatan (Kemerdekaan pada 9 Juli 2011)

Sudan Selatan memperoleh kemerdekaan dari Sudan pada tahun 2011, menandai berakhirnya perang saudara selama beberapa dekade. Negara ini dikenal dengan kelompok etnisnya yang beragam dan berjuang dengan stabilitas politik.

2. Kosovo (Kemerdekaan pada 17 Februari 2008)

Kosovo <b>(Pixabay)</b> Kosovo (Pixabay)

Kosovo mendeklarasikan kemerdekaan dari Serbia pada tahun 2008, sebuah langkah yang diakui oleh banyak negara namun tidak semua negara. Negara ini menghadapi tantangan dalam pembangunan negara dan pengakuan internasional.

3. Montenegro (Kemerdekaan pada 3 Juni 2006)

Montenegro mendeklarasikan kemerdekaan dari Persatuan Negara Serbia dan Montenegro pada tahun 2006 setelah referendum. Negara ini terkenal dengan garis pantai Adriatiknya dan merupakan calon anggota Uni Eropa.

4. Serbia - Kemerdekaan: 5 Juni 2006

Menyusul pembubaran Persatuan Negara Serbia dan Montenegro, Serbia mendeklarasikan kemerdekaan pada tahun 2006. Sejak saat itu, negara ini fokus pada reformasi ekonomi dan integrasi Eropa.

5. Timor Timur (Kemerdekaan 20 Mei 2002)

Republik Demokratik Timor-Leste, yang dibentuk pada tahun 2002, adalah negara kepulauan yang indah di Asia Tenggara.

6. Palau (Kemerdekaan 1 Oktober 1994)

Palau merdeka dari Amerika Serikat pada tahun 1994 berdasarkan Perjanjian Asosiasi Bebas. Pulau ini terkenal dengan keanekaragaman hayati lautnya dan upaya pelestarian lingkungannya.

7. Eritrea (Kemerdekaan pada 24 Mei 1993)

Eritrea memperoleh kemerdekaan dari Ethiopia pada tahun 1993 setelah perjuangan kemerdekaan yang panjang. Negara ini menghadapi tantangan dalam tata kelola, hak asasi manusia, dan pembangunan ekonomi.

8. Republik Ceko (Kemerdekaan 1 Januari 1993)

Republik Ceko <b>(Pixabay)</b> Republik Ceko (Pixabay)

Republik Ceko, atau Czechia, muncul sebagai negara merdeka pada tahun 1993 setelah pembubaran Cekoslowakia secara damai. Praha, ibu kotanya, terkenal dengan keindahan arsitekturnya.

9. Slowakia (Kemerdekaan 1 Januari 1993)

Slovakia, separuh Cekoslowakia lainnya, juga memperoleh kemerdekaan pada tanggal 1 Januari 1993, menjadi negara terpisah bersama Republik Ceko.

10. Kroasia (Kemerdekaan pada 25 Juni 1991)

Republik Kroasia mendeklarasikan kemerdekaannya pada tanggal 25 Juni 1991. Saat ini, Kroasia menjadi semakin populer sebagai tujuan wisata yang dinamis di Eropa.

x|close