Wapres Filipina Mundur dari Kabinet Presiden Marcos Jr, Pecah Kongsi?

NTVNews - Berita Hari Ini, Terbaru dan Viral - 20 Jun 2024, 09:22
Deddy Setiawan
Penulis
Beno Junianto
Editor
Bagikan
Wakil Presiden Filipina Wakil Presiden Filipina (Istimewa)

Ntvnews.id, Manila - Wakil Presiden Filipina, Sara Duterte, telah memutuskan untuk mengundurkan diri dari beberapa posisi di dalam kabinet pemerintahan, termasuk jabatan sebagai Menteri Pendidikan. Meskipun alasan pengunduran dirinya tidak dijelaskan secara rinci, Duterte akan tetap bertugas sebagai Wakil Presiden Filipina. 

Dilansir dari Philippine News Agency (PNA), Kamis, 20 Juni 20224 Cheloy Garafil, juru bicara dari kantor kepresidenan Filipina, mengumumkan bahwa Duterte telah mengajukan pengunduran diri dari kabinet Presiden Ferdinand Marcos Jr.

Garafil menegaskan bahwa Duterte tidak lagi memegang jabatan sebagai Menteri Pendidikan atau Sekretaris Departemen Pendidikan, tetapi akan tetap menjalankan tugasnya sebagai Wakil Presiden Filipina.

Wakil Presiden Filipina  <b>(Istimewa)</b> Wakil Presiden Filipina (Istimewa)

Menurut laporan PNA, Sara Duterte, yang merupakan anak perempuan dari mantan Presiden Filipina Rodrigo Duterte, juga telah mengundurkan diri dari jabatannya sebagai wakil ketua satuan tugas anti-komunis.

Baca Juga: 5 Negara dengan Kartel Narkoba Terbesar di Dunia, Ada dari ASEAN

Cheloy Garafil menyebutkan bahwa pada Rabu, 19 Juni 2024 sekitar pukul 14.21 waktu setempat, Sara Duterte mengunjungi Malacanang, kantor dan kediaman Presiden Filipina, untuk menyerahkan surat pengunduran dirinya sebagai anggota kabinet, Sekretaris Departemen Pendidikan, dan wakil ketua Satuan Tugas Nasional untuk mengakhiri Konflik Komunis Lokal Bersenjata (NTF-ELCAC). 

"Pukul 14.21 waktu setempat, tanggal 19 Juni 2024, Wakil Presiden Sara Duterte mendatangi Malacanang dan mengajukan pengunduran dirinya sebagai Anggota Kabinet, Sekretaris Departemen Pendidikan dan Wakil Ketua NTF-ELCAC, berlaku efektif tanggal 19 Juli 2024," sebutnya.

Halaman
x|close