165 Jemaah Haji Indonesia Meninggal di Tanah Suci

NTVNews - Berita Hari Ini, Terbaru dan Viral - 20 Jun 2024, 11:49
Beno Junianto
Penulis & Editor
Bagikan
Jemaah haji Jemaah haji (Ist)

Ntvnews.id, Jakarta - Puncak haji sudah selesai. Jemaah haji bersiap-siap untuk Kembali ke Tanah Air.

Namun, tidak sedikit Jemaah haji yang meninggal dunia di Tanah Suci. Berdasarkan data dari Sistem Informasi dan Komputerisasi Haji Terpadu (SISKOHAT) pukul 13.17 WIB, jemaah haji Indonesia yang wafat berjumlah 165 orang.

Sebelumnya diberitakan, Media sosial dihebohkan dengan sebuah video yang memperlihatkan sejumlah jemaah haji yang diduga telah meninggal dunia dan tergeletak begitu saja di jalanan Arab Saudi. Jasad-jasad tersebut diduga meninggal dunia karena tersengat cuaca panas ekstrem.

Tak main-main, cuaca panas tersebut menyentuh angka 53 derajat celcius di musim haji tahun ini. Salah satu warganet yang membagikan video tersebut adalah akun X @yo2thok. Pemilik akun tersebut mengkritik pemerintah Arab Saudi yang dinilai kurang tanggap akan hal itu.

jemaah haji di MINA <b>(DOkumentasi)</b> jemaah haji di MINA (DOkumentasi)

“Arab Saudi kurang tanggap dalam penyelenggaraan haji. Video Jenazah jamaah haji yang meninggal karena kepanasan ditinggalkan di jalan-jalan Arab Saudi,” tulisnya disertai dengan unggahan video yang dilansir pada Kamis, 20 Juni 2024.

Bukan hanya itu, video tersebut juga mendapatkan sorotan dari India Today yang memperlihatkan sejumlah jenazah jemaah haji yang tampak dibiarkan begitu saja di pinggir jalan tanpa ada pengawasan dari petugas setempat.

Sampai saat ini, pemerintah Arab Saudi sendiri belum memberikan keterangan lebih lengkap soal viralnya video jenazah jemaah haji yang tergeletak begitu saja di pinggir jalan tersebut. 

Halaman
x|close