Kawasan Savana Widodaren Gunung Bromo Terbakar, Api Melahap hingga 8 Hektare Lahan

NTVNews - Berita Hari Ini, Terbaru dan Viral - 20 Jun 2024, 15:50
Dedi
Penulis
Beno Junianto
Editor
Bagikan
Gunung Bromo Kebakaran Gunung Bromo Kebakaran (TikTok)

Ntvnews.id, Jakarta - Sejumlah lahan di kawasan Gunung Bromo kembali terbakar. Kali ini, titik api muncul di kawasan perbukitan di Kecamatan Tosari, Kabupaten Pasuruan. Video penampakan api yang menjalar di kawasan Gunung Bromo tersebut langsung tersebar di media sosial. 

Video tersebut direkam oleh warga dan petugas setempat kemudian dikompikasikan oleh pemilik akun @infomalang. Dalam rekaman video tersebut tampak api menyala saat siang dan malam hari. Lahan yang terbakar tersebut diperkirakan mencapai 8 hektare. 

Kebakaran hutan dan lahan tersebut dilaporkan telah terjadi di kawasan Savana Widodaren yang termasuk ke dalam kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS) di wilayah Kabupaten Pasuruan, Jawa Timur.

Gunung Bromo Kebakaran <b>(TikTok)</b> Gunung Bromo Kebakaran (TikTok)

Ketua Masyarakat Peduli Api (MPA) Ngadas Sampetono di Kabupaten Malang, Jawa Timur, mengatakan bahwa berdasarkan informasi awal, kebakaran hutan dan lahan di kawasan taman nasional tersebut terjadi sejak Selasa, 18 Juni 2024 malam. 

"Sejak Selasa malam. Saat ini kondisi masih terbakar," kata Sampetono dilansir dari Antara

Sampetono menyebutkan bahwa kebakaran itu terjadi di wilayah Widodaren, yang mengarah ke titik pandang Penanjakan dan termasuk dalam wilayah administratif Kabupaten Pasuruan. Taman Nasional Bromo Tengger Semeru terletak di empat kabupaten.

Halaman
x|close