5 Negara Anggota BRICS yang Beri Dukungan ke Palestina, dari Timur Tengah Hanya Iran

NTVNews - Berita Hari Ini, Terbaru dan Viral - 21 Jun 2024, 05:10
Dedi
Penulis
Beno Junianto
Editor
Bagikan
Anak Palestina Anak Palestina (Istimewa)

Ntvnews.id, Jakarta - Beberapa negara anggota BRICS memberikan dukungan kepada Palestina di tengah konflik dengan Israel. Meskipun tidak semua anggota BRICS mendukung Palestina, setengah dari negara-negara pendiri BRICS termasuk dalam daftar pendukung.

BRICS adalah singkatan dari lima negara pendiri utama: Brasil, Rusia, India, Cina, dan Afrika Selatan. Selain kelima negara ini, pada Januari tahun ini, BRICS menerima beberapa anggota baru, yaitu Arab Saudi, Uni Emirat Arab, Mesir, Iran, dan Ethiopia.

Reaksi BRICS terhadap konflik internasional menarik perhatian lebih besar pada kelompok ini, seperti dalam konflik Israel-Palestina. Menurut laporan dari Al Jazeera, Palestina termasuk salah satu negara yang mengajukan permohonan untuk bergabung dengan BRICS, dan permohonan ini disambut positif oleh BRICS.

1. China

Presiden China Xi Jinping <b>(Tangkapan Layar: Instagram)</b> Presiden China Xi Jinping (Tangkapan Layar: Instagram)

China, sebagai anggota BRICS, mendukung Palestina. Menteri Luar Negeri Wang Yi menegaskan dukungan China terhadap hak-hak nasional Palestina dan solusi dua negara untuk konflik Israel-Palestina. 

Dalam pertemuan BRICS yang membahas konflik Gaza, China sering menunjukkan simpati terhadap Palestina. China percaya bahwa konflik ini bermula karena hak-hak Palestina untuk menjadi negara dan hidup telah lama diabaikan.

Halaman
x|close