Indonesia Bakal Segera Hadapi Badai La Nina, Apa Dampaknya?

NTVNews - Berita Hari Ini, Terbaru dan Viral - 21 Jun 2024, 15:18
Deddy Setiawan
Penulis
Beno Junianto
Editor
Bagikan
Ilustrasi Hujan Badai Ilustrasi Hujan Badai (Istimewa)

Ntvnews.id, Jakarta - Indonesia diperkirakan akan mengalami La Nina lagi pada pertengahan tahun 2024 setelah hampir satu tahun mengalami El Nino.

Mengutip laman Organisasi Meteorologi Dunia (WMO), Jumat, 21 Juni 2024,  kondisi akhir tahun 2024 diperkirakan akan lebih dingin dibandingkan dengan beberapa bulan terakhir. La Nina umumnya membawa curah hujan tinggi yang dapat mengakibatkan banjir dan badai tropis di berbagai wilayah di Indonesia.

Saat La Nina terjadi, angin pasat dari Pasifik timur ke barat sepanjang garis khatulistiwa menjadi lebih kuat dari biasanya. Penguatan angin pasat ini mendorong massa air laut ke arah barat, menyebabkan suhu permukaan laut di Pasifik timur menjadi lebih dingin.

Ilustrasi Hujan Badai <b>(Istimewa)</b> Ilustrasi Hujan Badai (Istimewa)

Bagi Indonesia, ini berarti risiko banjir yang lebih tinggi, suhu udara yang lebih rendah di siang hari, dan peningkatan badai tropis.

Baca Juga: Terekam Hujan Badai Terjang Sawangan Depok, Buat Tenda Hingga Pedagang Terseret Angin

La Nina dapat meningkatkan intensitas badai dan berpotensi menyebabkan kerugian ekonomi. Indonesia, yang mayoritas penduduknya bermatapencaharian di sektor pertanian, akan terdampak karena La Nina dapat menyebabkan curah hujan tinggi yang berisiko gagal panen bagi petani dan nelayan.

Prediksi Wilayah Terdampak La Nina di Indonesia

Halaman
x|close