La Nyalla Mattalitti dan Nono Sampono Deklarasi Paket Pimpinan DPD RI 2024-2029

NTVNews - Berita Hari Ini, Terbaru dan Viral - 23 Jun 2024, 21:10
Marco Tampubolon
Penulis & Editor
Bagikan
Wakil Presiden ke-6 RI, Try Sutrisno dan La Nyalla Mattalitti Wakil Presiden ke-6 RI, Try Sutrisno dan La Nyalla Mattalitti (Ntvnews.id)

Ntvnews.id, Jakarta - Puluhan anggota DPD RI periode 2024-2029 mengusung paket pimpinan yang baru La Nyalla Mattalitti, Nono Sampono, Elviana, dan Tamsil Limrung. Dukungan diberikan dalam bentuk deklarasi yang digelar di Restoran Telaga Senayan, Jakarta, Minggu (23/6/2024).

La Nyalla yang diusung sebagai Ketua Umum Periode 2024-2029 juga menegaskan pihaknya akan kembali melanjutkan perjuangan untuk kembali ke UUD 1945. Begitu juga dengan wewenang DPD yang selama ini terkesan masih sebagai pelengkap di lembaga perwakilan rakyat.

Pada kesempatan yang sama, La Nyalla juga dengan tegas membantah bila pihaknya ingin membubarkan DPD seperti banyak dituduhkan belakangan ini. 

"Insya Allah, saya sendiri, AA LaNyalla Mahmud Mattalitti, Pak Nono Sampono, Ibu Elviana, dan Pak Tamsil Linrung, siap mengabdikan diri bersama seluruh Anggota DPD RI, untuk bersama-sama mewujudkan DPD RI yang Kuat dan Bermartabat," ujar LaNyalla dalam sambutannya.

“Di luar sana ada narasi-narasi yang menyesatkan menyatakan seolah-olah saya dan bapak Nono Sampono ingin membubarkan DPR RI dengan mengkampanyekan gagasan untuk kembali ke UUD 45. Narasi sengaja disampaikan tidak utuh, atau setengahs-setengah,” katanya.

Menurut La Nyalla, penguatan melalui jalur Konstitusi ini adalah dengan cara Kembali ke UUD 1945 naskah asli, kemudian dilakukan Amandemen dengan Teknik Adendum. Dimana salah satunya adalah memastikan DPD RI, yang diisi oleh peserta Pemilu Legislatif dari jalur perseorangan memiliki kewenangan pembentukan Undang-Undang secara utuh, seperti halnya DPR RI yang diisi oleh peserta Pemilu Legislatif dari jalur Partai Politik.

"Sehingga produk Undang-Undang, yang memiliki kekuatan hukum mengikat seluruh rakyat Indonesia, tidak hanya menjadi kewenangan Legislator dari unsur Partai Politik saja. Tetapi juga dibahas secara utuh bersama dengan Legislator dari unsur perwakilan daerah, yaitu anggota DPD RI," tuturnya.

Wakil Ketua DPD RI yang juga menjadi bagian dari paket pimpinan DPD RI periode 2024-2029, Nono Sampono menambahkan bahwa ia dan pimpinan lainnya berkomitmen membawa DPD RI ke arah yang lebih baik lagi. Nono mengaku mengenal dengan baik figur rekan-rekannya di paket pimpinan DPD RI.

"Beliau-beliau ini adalah pribadi yang memiliki pengalaman dan track record yang luar biasa, serta idealisme yang tinggi. Idealisme ini yang membuat kami tetap kompak dan solid. Kami siap mengabdikan diri untuk bangsa dan negara," ujar Nono.

Deklarasi Paket Pimpinan DPD RI 2024-2029 juga diisi dengan pembacaan pernyataan sikap dukungan, acara siang itu juga diisi dengan prosesi penandatangan dukungan dari para Anggota DPD RI masa bakti 2024-2029. Hadir dalam acara ini, anggota DPD fenomenal Alfiansyah Komeng, yang selama ini lebih akrab dengan dunia komedi Tanah Air.

Selain Anggota DPD RI senior dan milenial, hadir beberapa tokoh undangan, termasuk Wakil Presiden RI ke-6 Jenderal TNI (Purn) Try Sutrisno.

"Saya bangga DPD RI menjadi pelopor di dalam mendeklarasikan pimpinannya. Ini langkah baru dalam dinamika demokrasi di Indonesia pada Lembaga Tinggi Negara," kata Try Sutrisno.

Try Sutrisno sendiri menegaskan tahu betul sepak terjang empat tokoh paket pimpinan DPD RI, yakni LaNyalla Mahmud Mattalitti, Nono Sampono, Elviana dan Tamsil Linrung.

"Saya percaya, dengan dipimpin keempat tokoh ini, maka DPD RI akan semakin diperhitungkan. Saya doakan nanti setelah dilantik, harus segera menyusun program kerjanya. Yang harus diingat, jangan takut berjuang, jangan bengkok-bengkok, harus lurus," pesan Try Sutrisno.

 

Halaman
x|close