49 Orang Meninggal Saat Haji, Menteri Agama Tunisia Dipecat Presiden!

NTVNews - Berita Hari Ini, Terbaru dan Viral - 24 Jun 2024, 09:21
Deddy Setiawan
Penulis
Beno Junianto
Editor
Bagikan
Jemaah Haji di Mekkah Arab Saudi Jemaah Haji di Mekkah Arab Saudi (AFP)

Ntvnews.id, Jakarta - Presiden Tunisia Kais Saied telah mencopot Ibrahim Chaibi dari jabatannya sebagai Menteri Agama negara tersebut, sebagai respons terhadap kematian sedikitnya 49 jemaah haji Tunisia selama pelaksanaan ibadah haji tahun ini di Arab Saudi.

Dilansir dari Al Arabiya, Senin, 24 Juni 2024, pengumuman pemecatan Menteri Agama tersebut dikeluarkan oleh kantor kepresidenan Tunisia dalam sebuah pernyataan pada Jumat, 21 Juni 2024 waktu setempat, setelah Kementerian Luar Negeri Tunisia mengonfirmasi bahwa puluhan jemaah haji Tunisia telah meninggal dunia di Saudi.

"Presiden memutuskan untuk mengakhiri masa tugas Ibrahim Chaibi sebagai Menteri Urusan Agama," demikian pernyataan kantor kepresidenan Tunisia via akun Facebook resminya, tanpa memberikan penjelasan lebih lanjut.

jemaah haji di Muzdalifah <b>(Dokumentasi)</b> jemaah haji di Muzdalifah (Dokumentasi)  

Pada tanggal 18 Juni waktu setempat, Kementerian Luar Negeri Tunisia melaporkan bahwa sedikitnya 35 jemaah haji dari Tunisia meninggal dunia di Saudi Arabia. Dengan penambahan ini, menurut laporan media Tunisia, jumlah total jemaah haji Tunisia yang meninggal di Saudi mencapai 49 orang.

Baca Juga: Sampai Hari Kepulangan, Sudah 200 Jemaah Haji Meninggal Dunia di Tanah Suci

Kementerian Luar Negeri Tunisia tidak memberikan penjelasan khusus apakah kematian jemaah haji tersebut terkait dengan cuaca panas ekstrem yang melanda Saudi selama musim haji tahun ini. 

Kementerian juga menambahkan bahwa sebagian besar jemaah haji yang meninggal tersebut melakukan perjalanan ke Saudi dengan visa turis dan berada di luar program resmi haji pemerintah Riyadh.

Halaman
x|close