SYL: Saya Baru Tahu Ada Dana Sharing Anak Buah di Persidangan

NTVNews - Berita Hari Ini, Terbaru dan Viral - 24 Jun 2024, 12:40
Moh. Rizky
Penulis
Beno Junianto
Editor
Bagikan
Sidang kasus korupsi eks Mentan Syahrul Yasin Limpo (SYL). Sidang kasus korupsi eks Mentan Syahrul Yasin Limpo (SYL).

Ntvnews.id, Jakarta - Mantan Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo (SYL) mengaku baru tahu ada dana sharing atau uang yang dikumpulkan anak buahnya di Kementerian Pertanian (Kementan) untuk operasional dirinya. SYL pun membantah mengancam jajarannya yang enggan mengumpulkan dana tersebut.

Hal ini disampaikan SYL, kala menjadi saksi mahkota dalam sidang kasus korupsi yang menjeratnya, mantan Sekjen Kementan Kasdi Subagyono serta menjerat eks Direktur Alat dan Mesin Pertanian Kementan Muhammad Hatta.

Awalnya, hakim ketua Rianto Adam Pontoh menanyakan apakah SYL pernah meminta dana sharing ke bawahan disertai ancaman.

"Apakah Saudara pernah nggak, setelah kejadian Pandeglang, Saudara menyampaikan apakah itu Momon Rusmono atau itu melalui Kasdi Subagyono atau terdakwa Muhammad Hatta dengan kata-kata apabila para eselon I atau pejabat di kementerian itu tidak memenuhi permintaan dari Saudara selaku menteri waktu itu, maka jabatan mereka dalam bahaya?" tanya hakim ke SYL dalam sidang di Pengadilan Tipikor Jakarta, Senin (24/6/2024).

"Dapat dipindahtugaskan atau dinonjobkan, kata-kata Saudara itu?" imbuhnya.

SYL pun menampik tuduhan tersebut. 

"Yang pasti tidak Yang Mulia. Saya ini sudah terlalu lama jadi birokrat, tidak pernah menyampaikan hal-hal seperti itu," jawab SYL.

Halaman
x|close