Empat Presiden Indonesia yang Lahir di Bulan Juni

NTVNews - Berita Hari Ini, Terbaru dan Viral - 25 Jun 2024, 03:10
Alber Laia
Penulis
Beno Junianto
Editor
Bagikan
4 Presiden lahir di bulan Juni 4 Presiden lahir di bulan Juni (Instagram)

Ntvnews.id, Jakarta - Bulan Juni ternyata memiliki arti khusus dalam sejarah kepemimpinan Indonesia. Empat dari presiden yang pernah menjabat di negeri ini lahir di bulan yang sama.

Berikut adalah kilasan singkat tentang para pemimpin besar yang dilahirkan pada bulan Juni, beserta kontribusi mereka terhadap bangsa dan negara.

1. Soekarno (6 Juni 1901)

Soekarno, yang dikenal sebagai Bapak Proklamator, lahir pada tanggal 6 Juni 1901. Beliau merupakan Presiden pertama Indonesia yang memimpin perjuangan bangsa Indonesia menuju kemerdekaan.

Soekarno adalah sosok visioner yang memiliki peran vital dalam merumuskan Pancasila sebagai dasar negara. Gaya kepemimpinannya yang karismatik dan oratoris mampu menginspirasi rakyat Indonesia untuk bersatu melawan penjajahan.

2. Soeharto (8 Juni 1921)

Soeharto, lahir pada tanggal 8 Juni 1921, adalah Presiden kedua Indonesia yang menjabat selama lebih dari tiga dekade, dari tahun 1967 hingga 1998. Era kepemimpinannya dikenal dengan nama Orde Baru, yang ditandai dengan stabilitas politik dan pertumbuhan ekonomi yang pesat.

Halaman
x|close