SYL: Saya Pilih Kasdi Jadi Sekjen Kementan Karena Salatnya Rajin

NTVNews - Berita Hari Ini, Terbaru dan Viral - 24 Jun 2024, 16:27
Moh. Rizky
Penulis
Tasya Paramitha
Editor
Bagikan
Eks Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo (SYL) saat tiba di Pengadilan Tipikor Jakarta, Senin (3/5/ Eks Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo (SYL) saat tiba di Pengadilan Tipikor Jakarta, Senin (3/5/

Ntvnews.id, Jakarta - Mantan Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo menegaskan bahwa pemilihan Kasdi Subagyono menjadi Sekretaris Jenderal Kementerian Pertanian (Sekjen Kementan), atas dasar profesionalisme. Menurutnya, tak ada hubungan kedekatan yang membuat ia memilih Kasdi menjadi pimpinan Kementan.

Hal ini disampaikan SYL, kala menjadi saksi mahkota dalam sidang kasus korupsi yang menjeratnya bersama Kasdi dan eks Direktur Alat dan Mesin Pertanian Kementan Muhammad Hatta, di Pengadilan Tipikor Jakarta.

Mulanya, pengacara Kasdi, Efendi Lod Simanjuntak menanyakan soal peran SYL dalam pergantian pejabat anak buahnya di Kementan.

"Bapak tadi mengatakan terkait dengan soal mutasi di internal Kementan. Mutasi, promosi, demosi apa pun itu, Bapak tidak pernah ikut campur soal hal tersebut, demikian tentunya Pak?" tanya Efendi di persidangan, Senin (24/6/2024).

SYL pun membenarkan. "Ya menteri di mana pun tidak campur detail kecil-kecil seperti itu, di mana pun bapak periksa pasti seperti itu," jawab SYL.

Efendi pun mengakui jika SYL memang dalam berita acara pemeriksaan (BAP), menyebut tak mengurusi hal teknis seperti itu. Ia pun lanjut bertanya dalam konteks pemilihan Kasdi sebagai Sekjen.

"Kalau terkait dengan Sekjen sendiri? Bisa sedikit cerita supaya clear ya Pak," kata Efendi.

Halaman
x|close