Sedang Ramai, 6 Ribu Pria Terpaksa Amputasi Penis Gegara Penyakit Mematikan Ini

NTVNews - Berita Hari Ini, Terbaru dan Viral - 25 Jun 2024, 09:04
Deddy Setiawan
Penulis
Tasya Paramitha
Editor
Bagikan
ilustrasi penis ilustrasi penis (Istimewa)

Ntvnews.id, Brasilia - Kanker penis merupakan masalah serius yang menimbulkan kekhawatiran di kalangan banyak pria di Brasil. Ribuan pria di negara itu telah menjalani amputasi penis akibat penyakit ini.

Dilansir dari BBC, Selasa, 25 Juni 2024, mengutip data dari Kementerian Kesehatan Brasil, antara tahun 2012 hingga 2022, tercatat 21.000 kasus kanker penis dengan angka kematian mencapai 4.000. Maranhão, negara bagian termiskin di Brasil, memiliki tingkat kasus tertinggi di dunia dengan 6,1 kasus per 100.000 pria.

Dalam satu dekade terakhir, sekitar 6.500 pria telah menjalani amputasi penis, yang berarti rata-rata ada satu amputasi penis setiap dua hari.

ilustrasi penis <b>(Istimewa)</b> ilustrasi penis (Istimewa)

Salah satu pasien kanker penis di Brasil, yang disebut sebagai João (bukan nama sebenarnya), pertama kali melihat kutil di penisnya pada tahun 2018. Awalnya, dokter menganggapnya sebagai kulit berlebih yang tidak berbahaya.

Baca Juga: 5 Manfaat Bawang Merah untuk Kesehatan, Cegah Kanker hingga Jaga Sistem Imun

Namun, kutil tersebut tidak hilang dengan pengobatan yang diresepkan dan terus bertumbuh, memengaruhi kehidupan seksual João.

João, seorang pensiunan berusia 63 tahun, mengunjungi berbagai spesialis selama lima tahun sebelum akhirnya didiagnosis menderita kanker pada tahun 2023.

Halaman
x|close