Ngeri Banget! Belasan Remaja Terpapar Raja Singa di Blitar

NTVNews - Berita Hari Ini, Terbaru dan Viral - 25 Jun 2024, 12:50
Beno Junianto
Penulis & Editor
Bagikan
Remaja terpapar penyakit Raja Singa Remaja terpapar penyakit Raja Singa (Instagram Info Jatim)

Ntvnews.id, Jakarta - Kabar buruk menimpa belasan remaja di Kabupaten Blitar, Jawa Timur. Diinformasikan oleh Instagram Info Jatim, sekitar belasan remaja harus menerima kenyataan pahit divonis mengidap Raja Singa atau Sifilis.

Pemeriksaan dilakukan oleh Dinas Kesehatan Kabupaten Blitar. Sifilis disebabkan oleh bakteri.

"Temuan penyakit menular ini didapatkan Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Blitar setelah melakukan serangkaian pemeriksaan sejak Januari-Mei 2024.Kabid Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Dinas Kesehatan Kabupaten Blitar, Anggit Ditya Putranto mengaku prihatin dengan temuan kasus penyakit Raja Singa diderita oleh remaja di Kabupaten Blitar.Ia mencatat remaja yang terpapar penyakit Raja Singa ini mayoritas berusia 18-19 tahun." tulis akun tersebut.

Tak hanya remaja laki-laki yang terkena penyakit menular tersebut. yang Wanita pun sama.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Info Jatim (@infojatim)

"Dari belasan remaja di Kabupaten Blitar yang terpapar penyakit Raja Singa ini ada beberapa diderita perempuan dan sebagian laki laki. Kata Anggit, temuan remaja menderita penyakit menular ini setelah mereka atas kesadarannya melakukan tes saat pemeriksaan kehamilan untuk perempuan," tulis Info Jatim.

Sifilis atau yang dikenal juga dengan sebutan raja singa adalah penyakit menular seksual yang disebabkan oleh infeksi bakteri.


Penyakit ini disebabkan oleh infeksi bakteri Treponema pallidum, yang masuk dan menginfeksi seseorang melalui luka di vagina, penis, anus, bibir, atau mulut. Sifilis dimulai sebagai luka yang tidak nyeri dan bertahap, bahkan sebagian gejalanya hampir mirip dengan penyakit lainnya.

Halaman
x|close