Muncul Perang Baru di Tanah Arab, Evakuasi Besar-besaran Terjadi di Negara Ini

NTVNews - Berita Hari Ini, Terbaru dan Viral - 26 Jun 2024, 11:07
Deddy Setiawan
Penulis
Siti Ruqoyah
Editor
Bagikan
Lebanon vs Israel Lebanon vs Israel (AFP)

Ntvnews.id, Beirut - Ketegangan antara Israel dan milisi Hizbullah di Lebanon telah menyebabkan kekhawatiran baru akan potensi konflik bersenjata antara keduanya. Akibatnya, sejumlah negara telah mulai mengambil langkah untuk mengevakuasi warga mereka dari Lebanon.

Pemerintah Kanada sedang mempersiapkan evakuasi sekitar 45.000 warganya dari Lebanon. Channel 12 Israel melaporkan bahwa Menteri Luar Negeri Israel, Katz, telah melakukan pembicaraan mengenai rencana evakuasi ini dengan rekan sejawatnya dari Kanada, Melanie Joly.

"Ottawa telah mengirim pasukan militer ke wilayah tersebut sebagai langkah persiapan untuk evakuasi terbesar yang pernah kami lakukan," katanya yang dikutip dari Times of Israel, Rabu 26 Juni 2024.

Lebanon vs Israel <b>(AFP)</b> Lebanon vs Israel (AFP)

Namun, sampai saat ini, belum ada kejelasan mengenai apakah rencana serupa juga akan dilakukan untuk sekitar 35.000 warga Kanada yang tinggal di Israel.

Baca Juga: Serangan Rudal Israel ke Klinik Kesehatan di Gaza, Tewaskan 2 Petugas Medis Palestina

Tel Aviv sendiri telah berhasil mengevakuasi 60.000 penduduk yang tinggal di daerah yang berdekatan dengan perbatasan Lebanon.

Selain Kanada, Kuwait juga sedang melakukan langkah yang serupa. Kantor berita resmi Kuwait, KUNA, melaporkan bahwa Kuwait Airways telah mengirimkan armada pesawatnya ke Lebanon pada Sabtu, 22 Juni 2024 untuk melakukan evakuasi.

Halaman
x|close