BSSN Ngaku Hanya Backup 2% dari Pusat Data Nasional

NTVNews - Berita Hari Ini, Terbaru dan Viral - 27 Jun 2024, 19:52
Deddy Setiawan
Penulis
Siti Ruqoyah
Editor
Bagikan
DPR Panggil Kominfo dan BSSN DPR Panggil Kominfo dan BSSN (Istimewa)

Ntvnews.id, Jakarta - Komisi I DPR RI memanggil Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Budi Arie Setiadi dan Kepala Badan Siber Sandi Negara (BSSN) Hinsa Siburian untuk memberikan penjelasan mengenai insiden gangguan siber yang menimpa Pusat Data Nasional Sementara (PDNS). 

Dalam rapat kerja itu, Meutya Hafid, Ketua Komisi I DPR RI menanyakan berapa persen data yang di ter-backup, tak terduga hanya dua persen.

“Hanya 2% dari data di PDNS Surabaya.” Jawab kepala BSSN dalam rapat kerja di Kompleks Parlemen, Sanayan, Jakarta, Kamis, 27 Juni 2024.

Imigrasi Down <b>(Istimewas)</b> Imigrasi Down (Istimewas)

Sebelum menjawab pertanyaan itu, kepana BSSN mengungkapkan bahwa mereka sudah memprediksi serangan siber yang bakal terjadi.

Baca Juga: 5 Fakta PDN Down yang Ternyata Kena Serangan Siber Berakibat Kebocoran Data

“Pertama-pertama kami sampaikan bahwa pada tahun 2023 sebenarnya kita sudah membuat prediksi untuk semua. Dalam hal ini kalau intel ada KIR Intel di tahun 2024 Mala kita juga buat kir Intel atau prediksi apa yang akan terjadi di tahun 2024 dari sisi serangan siber, di antaranya adalah ransomware yang kejadian saat ini, kemudian yang lain ada web divesment, ada ito attack..” ucapnya.

“Web divesment ini lebih banyak kaitannya nanti digunakan dalam rangka Judi online, ini sudah kita prediksi. Kemudian Distributed Denial of Service kemudian cyber threat based dan advanced persistent threat. Itulah gambaran prediksi kemungkinan serangan-serangan siber yang akan terjadi di 2024 ini.” Sambungnya.

Halaman
x|close