Penipuan Modus Pencet 'Like' YouTube Diungkap, Rugikan Korban Rp800 Juta

NTVNews - Berita Hari Ini, Terbaru dan Viral - 27 Jun 2024, 22:47
Moh. Rizky
Penulis
Beno Junianto
Editor
Bagikan
YouTube. YouTube.

Ntvnews.id, Jakarta - Penipuan dengan modus kerja pencet 'like' dan 'subscribe' YouTube dibongkar polisi. Korban mengalami kerugian lebih dari Rp 800 juta.

Pelaku yakni pria inisial EO (47) dan wanita inisial SM (29) asal Cengkareng, Jakarta Barat.

"Atas kejadian tersebut, pelapor mengalami kerugian sebesar Rp 806.220.000," ujar Direktur Reserse Kriminal Khusus Polda Metro Jaya Kombes Ade Safri Simanjuntak, Kamis (27/6/2024).

Aksi kejahatan ini bermula, saat korban dihubungi pelaku melalui telepon WhatsApp. Pelaku kala itu mengaku sebagai asisten dari perusahaan internasional yang bergerak di bidang perabotan rumah tangga.

"Kemudian pelapor ditawarkan pekerjaan untuk melakukan (pencet) like video-video di YouTube dengan komisi sebesar Rp31 ribu. Kemudian pelapor dikirimkan link Telegram melalui WhatsApp tersebut," kata dia.

Serupa seperti kasus pencet like video YouTube yang lain, korban diharuskan membayar deposit terlebih dahulu. Bukannya meraih untung, korban justru mengalami kerugian lebih dari Rp 806 juta.

"Setelah pelapor menyetujui untuk melakukan pekerjaan tersebut, pelapor diwajibkan untuk melakukan deposit sebelum diberikan misi pekerjaan," kata dia.

Halaman
x|close