Pra Peradilan Pegi Setiawan, Reza Indragiri Minta Kompolnas dan Komisi Yudisial Ikut Mengawal Secara Ketat

NTVNews - Berita Hari Ini, Terbaru dan Viral - 30 Jun 2024, 12:15
Ramses Manurung
Penulis & Editor
Bagikan
Psikolog Forensik Reza Indragiri dalam Dialog NTV Prime di NusantaraTV/tangkapan layar NTV Psikolog Forensik Reza Indragiri dalam Dialog NTV Prime di NusantaraTV/tangkapan layar NTV

Ntvnews.id, Jakarta - Setelah sempat ditunda, sidang Pra Peradilan Pegi Setiawan tersangka kasus pembunuhan Vina dan Eky akan digelar di Pengadilan Negeri Bandung pada esok hari, Senin 1 Juli 2024.

Psikolog Forensik Reza Indragiri mengatakan untuk memastikan bahwa proses penegakan hukum ini bisa berlangsung secara "sempurna" seluruh alat negara perlu hadir.

"Polri khususnya polda Jabar perlu didampingi secara ketat oleh Kompolnas. Kemudian hakim tunggal yang bekerja di pengadilan negeri juga perlu ditempel secara ketat oleh Komisi Yudisial," kata Reza Indragiri dalam Dialog NTV Prime bertajuk "Menguji Klaim Polisi" di NusantaraTV, Sabtu (29/6/2024).

Menurut Reza dengan kehadiran komisi-komisi tersebut mudah-mudahan seluruh lembaga pendegakan hukum ini akan bisa bekerja secara prosedural, proporsional dan profesional.

"Plus perkataan Kapolri yang luar biasa. Yaitu memenuhi rasa keadilan. Luar biasa ini. Beyond bahasa-bahasa normatif. Memenuhi rasa keadilan artinya sungguh-sungguh merupakan kewajiban yang tak bisa dielakkan oleh seluruh personel polisi terutama di Polda Jabar. Dalam kasus ini adalah membaca ekpektasi masyarakat, membaca dahaga para terpidana dan keluarga mereka akan keadilan," tutur Reza.

Reza kembali menegaskan untuk mengurai 'benang kusut' kasus Pembunuhan Vina dan Eky adalah dengan melakukan eksaminasi ke titik hulu guna mereview kerja-kerja saintifik pada tahun 2016.

"Sesungguhnya harus diprioritaskan oleh Polda Jabar dibackup Mabes Polri bukan mencari-cari DPO (Daftar Pencarian Orang). Bukan itu. Tapi eksaminasi ke titik hulu ke guna mereview kerja-kerja saintifik pada tahun 2016," ujarnya.

Halaman
x|close