Jokowi Jadi Inspektur Upacara Hari Bhayangkara di Monas

NTVNews - Berita Hari Ini, Terbaru dan Viral - 1 Jul 2024, 16:05
Moh. Rizky
Penulis
Beno Junianto
Editor
Bagikan
Presiden Jokowi di acara HUT Bhayangkara Presiden Jokowi di acara HUT Bhayangkara (Youtube Polri TV)

Ntvnews.id, Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menjadi inspektur upacara (irup) Hari Bhayangkara ke-78 di Lapangan Monas, Jakarta, Senin (1/7/2024). Upacara turut diikuti Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo beserta jajaran, dan personel Polri dari semua satuan.

"Jadi, pada tahun ini, Polri melaksanakan puncak acara di Monas, yang diawali nanti dengan upacara parade dan defile yang dipimpin langsung oleh Bapak Presiden RI Joko Widodo yang bertindak sebagai inspektur upacara," ujar Kabareskrim Polri Komjen Wahyu Widada selaku Ketua Panitia Hari Bhayangkara ke-78.

Selain memimpin upacara, kata Wahyu, juga diadakan syukuran pemotongan tumpeng oleh Jokowi. "Syukuran sederhana saja, hanya potong tumpeng yang diberikan oleh Pak Presiden kepada Pak Kapolri dan kepada beberapa Polri yang berprestasi," kata dia.

Upacara dimulai pukul 16.00 WIB, namun masyarakat sudah berbondong-bondong datang ke Monas sejak pukul 12.00 WIB.

Wahyu menjelaskan, dalam peringatan hari Bhayangkara tahun ini, Polri mengangkat tema "Polri Presisi Mendukung Percepatan Transformasi Ekonomi Yang Inklusif Dan Berkelanjutan Menuju Indonesia Emas."

"Sesuai tema ini, tentunya diharapkan kinerja Polri ke depan akan menjadi semakin baik, semakin dekat dengan masyarakat dan semakin profesional. Sehingga polisi dapat menampilkan kinerja menciptakan kondisi kamtibmas yang lebih baik lagi di masa yang akan datang," tuturnya.

Pada puncak peringatan Hari Bhayangkara, selain dilaksanakan upacara peringatan juga dimeriahkan dengan pesta rakyat yang menampilkan pertunjukan musik dari artis-artis ibu kota, serta aneka jajanan kulineran gratis untuk masyarakat.

Menurut Wahyu, pesta rakyat sebagai wujud rasa syukur Polri, untuk semakin mendekatkan masyarakat dan kepolisian.

Halaman
x|close