5 Negara Pencetak Janda Muda Terbanyak di Dunia, Indonesia Urutan Berapa?

NTVNews - Berita Hari Ini, Terbaru dan Viral - 2 Jul 2024, 03:40
Dedi
Penulis
Beno Junianto
Editor
Bagikan
Ilustrasi Wanita Putus Cinta Ilustrasi Wanita Putus Cinta (Pixabay)

Ntvnews.id, Jakarta - Membahas negara dengan jumlah janda muda yang tinggi di dunia sangat menarik. Perempuan yang menyandang status janda setelah perceraian umum ditemukan di berbagai penjuru dunia. Pernikahan yang dimulai dengan kebahagiaan seringkali berakhir dengan perceraian. 

Perceraian bisa menjadi pilihan terakhir bagi pasangan suami istri yang tidak mampu menyelesaikan masalah rumah tangga mereka. Banyak janda yang setelah bercerai, seringkali dikucilkan oleh keluarga mereka sendiri atau masyarakat sekitar. 

Selain itu, banyak dari mereka hidup dalam kemiskinan, sehingga sebagian besar tidak mampu menyediakan kehidupan layak bagi anak-anak mereka. Data dari PBB menunjukkan bahwa ada sekitar 250 juta perempuan yang berstatus janda di seluruh dunia, berikut ulasannya. 

  1. India

India menempati posisi teratas sebagai negara dengan jumlah janda terbanyak di dunia. Berdasarkan data dari Hindustan Times, terdapat sekitar 245 juta wanita di berbagai belahan dunia yang berstatus janda.

Tahun 2010, India berada di peringkat kedua setelah Tiongkok dengan jumlah janda sebanyak 42,4 juta orang. Namun, tahun 2015, jumlah janda di India meningkat hingga 46,4 juta. Dengan ini, India berhasil menggantikan Tiongkok menjadi negara dengan jumlah janda terbanyak.

  1. China

Ilustrasi Wanita Putus Cinta <b>(Pixabay)</b> Ilustrasi Wanita Putus Cinta (Pixabay)

China adalah negara dengan populasi terbesar di dunia. Menurut Loomba Foundation, China menempati posisi kedua dalam jumlah janda, mencapai 44,5 juta orang. Sejak tahun 2000, jumlah janda di China terus bertambah. Dari total populasi, 27,9 persen di antaranya adalah lansia berusia 65 tahun ke atas yang telah bercerai.

Halaman
x|close