Asal-usul Gelar Habib pada Rizieq Shihab dan Bahar bin Smith, Benarkah Keturunan Nabi Muhammad?

NTVNews - Berita Hari Ini, Terbaru dan Viral - 2 Jul 2024, 07:00
Dedi
Penulis
Siti Ruqoyah
Editor
Bagikan
Habib Bahar bin Smith Habib Bahar bin Smith (Youtube)

Ntvnews.id, Jakarta - Nama Rizieq Shihab dan Bahar bin Smith baru-baru ini kembali menjadi sorotan publik, karena disebut oleh KH Imaduddin Utsman bukanlah seorang habib atau keturunan Nabi Muhammad SAW. Padahal, selama ini kedua tokoh tersebut dikenal luas dengan gelar habib dan memiliki banyak pengikut di seluruh Indonesia.

Pernyataan Kiai Imad tersebut didasarkan pada sejumlah data yang dianggap valid, yang menjadi dasar dari penelitian ilmiahnya tentang silsilah keturunan Nabi Muhammad di Indonesia. Hal ini diungkapkan dalam sebuah video yang diunggah di channel YouTube Rhoma Irama Official pada Jumat, 21 Juni lalu.

Ia menyatakan bahwa nasab Ba’alawi atau garis keturunan habib di Indonesia tidak tersambung ke Nabi Muhammad SAW. Penelitian yang dilakukan Kiai Imad dimulai dengan menelusuri garis keturunan Rizieq Shihab dan Bahar bin Smith. Hal ini kemudian membuat publik penasaran mengenai latar belakang keduanya. Nah, berikut ulasan selengkapnya. 

Latar belakang Habib Bahar bin Smith

Habib Bahar bin Smith <b>(Youtube)</b> Habib Bahar bin Smith (Youtube)

Sayyid Bahar bin Ali bin Smith, lebih dikenal sebagai Bahar bin Smith, lahir di Manado, Sulawesi Utara pada 23 Juli 1985. Keluarga Bahar merupakan keturunan Arab Hadhrami dari kelompok Alawiyyin dengan marga Aal bin Sumaith.

Ayahnya, Sayyid Ali bin Alwi bin Smith, meninggal dunia pada tahun 2011, dan ibunya bernama Isnawati Ali. Gelar Sayyid yang disandang Bahar merupakan tanda kehormatan bagi keturunan Hasan bin Ali dan Husain bin Ali.

Halaman
x|close