Demo LGBT Besar-besaran di Turki, Polisi Tangkap Pendukung Aksi

NTVNews - Berita Hari Ini, Terbaru dan Viral - 2 Jul 2024, 09:14
Deddy Setiawan
Penulis
Siti Ruqoyah
Editor
Bagikan
Demosntran LGBT di Turki Demosntran LGBT di Turki (Istimewa)

Ntvnews.id, Jakarta - Sebuah kelompok LGBTQ+ di Istanbul, Turki, menggelar demonstrasi spontan meskipun pemerintah kota telah melarangnya.

Dilansir dai Anadolu, Selasa, 2 Juli 2024, Sejumlah anggota demonstrasi ditahan oleh pihak berwenang, dengan setidaknya 15 orang terlibat dalam aksi tersebut. Pada tahun-tahun sebelumnya, ada juga penangkapan yang dilakukan saat parade tetap diadakan meskipun dilarang.

Associated Press melaporkan bahwa kantor gubernur Istanbul menegaskan mereka tidak akan memberikan izin kepada kelompok-kelompok ilegal untuk melakukan perjalanan tanpa izin. Pihak berwenang telah mengamankan Lapangan Taksim di pusat Istanbul dan Jalan Istiklal, tempat di mana parade biasanya diadakan.

Parade tahunan ini telah dilarang di Istanbul sejak tahun 2015, namun para demonstran tetap berkumpul di Taksim dan Istiklal setiap tahunnya, sering kali terlibat dalam bentrokan dengan pihak berwenang. Untuk menghindari larangan ini, lebih dari 100 orang berkumpul di lingkungan Suadiye di bagian lain kota.

Demosntran LGBT di Turki <b>(Istimewa)</b> Demosntran LGBT di Turki (Istimewa)

Para demonstran memamerkan bendera pelangi dan mengeluarkan berbagai slogan saat mereka mengadakan pawai di sepanjang Bagdad Avenue, sebuah jalan utama di sisi Asia kota Istanbul.

Baca Juga: Renggang dengan Presiden Marcos JR, Wakil Presiden Filipina Gencar Dukung LGBT

Pawai berlangsung sekitar 10 menit sebelum akhirnya dibubarkan oleh polisi. Seorang perwakilan dari penyelenggara unjuk rasa menyatakan, "Kami tidak akan pernah lelah menantang polisi dan memaksa mereka untuk berurusan dengan kami.

Halaman
x|close