Menkes: Harga Alkes dan Obat di Indonesia 5 Kali Lebih Mahal dari Malaysia

NTVNews - Berita Hari Ini, Terbaru dan Viral - 2 Jul 2024, 12:06
Siti Ruqoyah
Penulis & Editor
Bagikan
Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin

Ntvnews.id, Jakarta - Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin mengatakan isi rapat antara Presiden Jokowi dengan Menteri Perindustrian Agus Gumiwang di Istana Presiden membahas mahalnya alat kesehatan hingga obat-obatan di Indonesia.

Kata Budi, Presiden Jokowi meminta jajaran anggota kabinet memastikan harga alat kesehatan (alkes) dan obat-obatan dapat ditekan turun agar setara dengan negara-negara lain.

"Beliau minta harga alkes dan obat itu sama dong dengan negara-negara tetangga. Kan kita harga alkes dan obat mahal. Perbedaan harga obat itu 3 kali, 5 kali dibandingkan dengan di Malaysia misalnya. 300 persen kan (sampai) 500 persen," kata Menkes Budi di Istana Kepresidenan Jakarta dikutip Antara, Selasa (2/7/2024).

Menkes Budi Gunadi <b>(ANTARA)</b> Menkes Budi Gunadi (ANTARA)

Budi menyampaikan Presiden juga berpesan agar industri alat kesehatan dan obat-obatan dalam negeri dapat dibangun agar lebih tangguh, terutama jika terjadi pandemi kembali di masa-masa mendatang.

"Jadi tadi dibahas satu-satu kenapa obat dan alkes tinggi. Kami kasih masukan mungkin dari sisi jalur perdagangan kita ada inefisiensi dan tata kelola perlu lebih transparan dan terbuka, sehingga tidak ada peningkatan harga yang tidak perlu dalam pembelian alkes dan obat," jelasnya.

Pajak Industri Mahal

Dalam rapat tersebut, kata Budi, turut dibahas mengenai pajak industri kesehatan. Menurut Budi, pemerintah tengah berupaya agar pajak industri kesehatan bisa lebih efisien dan sederhana tanpa mengganggu pendapatan pemerintah.

Halaman
x|close