Profil Hasyim Asy'ari, Ketua KPU yang Dipecat DKPP Gegara Terbukti Lakukan Asusila

NTVNews - Berita Hari Ini, Terbaru dan Viral - 3 Jul 2024, 17:00
Dedi
Penulis
Beno Junianto
Editor
Bagikan
Ketua KPU RI Hasyim Asy'ari. (Antara) Ketua KPU RI Hasyim Asy'ari. (Antara)

Ntvnews.id, Jakarta - Hasyim Asy'ari adalah salah satu tokoh penting dalam dunia politik Indonesia saat ini, khususnya dalam penyelenggaraan pemilu. Namun, Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP) menjatuhkan sanksi pemecatan terhadap Hasyim Asy’ari karena melakukan pelecehan seksual

Putusan tersebut dibacakan oleh Ketua DKPP Heddy Lukito dalam sidang pengucapan putusan di Gedung DKPP Jakarta pada Rabu, 3 Juli 2024. Heddy menyebut Hasyim terbukti melanggar kode etik dan pedoman perilaku penyelenggara pemilu. 

Nah, untuk mengetahui sosok Hasyim Asy’ari secara lengkap, berikut ulasannya. 

Latar Belakang Pendidikan

Eks Ketua KPU Hasyim Asy'ari <b>(kpu.go.id)</b> Eks Ketua KPU Hasyim Asy'ari (kpu.go.id)

Hasyim Asy'ari dilahirkan pada 2 Maret 1969 di Pati, Jawa Tengah. Ia menyelesaikan pendidikan dasar hingga menengah di kota kelahirannya sebelum melanjutkan studi ke tingkat yang lebih tinggi. Hasyim Asy'ari adalah lulusan Fakultas Hukum Universitas Diponegoro (Undip), Semarang. 

Setelah menyelesaikan sarjana, ia melanjutkan pendidikan pascasarjana di bidang hukum, termasuk meraih gelar doktor dalam bidang Ilmu Hukum dari Universitas Diponegoro. Fokus studinya adalah hukum tata negara, yang sangat relevan dengan perannya di KPU.

Halaman
x|close