Heboh Fenomena Orang Tua Rela Dikurung dalam Sel untuk Anaknya

NTVNews - Berita Hari Ini, Terbaru dan Viral - 4 Jul 2024, 10:10
Deddy Setiawan
Penulis
Beno Junianto
Editor
Bagikan
Ilustrasi narapidana di penjara/ist Ilustrasi narapidana di penjara/ist

Ntvnews.id, Seoul - Sejumlah orang tua di Korea Selatan saat ini memilih untuk mengurung diri di dalam sebuah ruangan yang disebut Happiness Factory (mirip sel), dalam upaya untuk lebih memahami anak-anak mereka yang mengalami hikikomori.

Dilansir dari BBC, Kamis, 4 Juli 2024, Hikikomori adalah istilah yang menggambarkan kondisi di mana seseorang menarik diri dari kehidupan sosial. Di Korea Selatan, kondisi ini menyebabkan anak-anak mengisolasi diri di dalam kamar mereka selama berbulan-bulan atau bahkan bertahun-tahun.

Dalam Happiness Factory, para orang tua tidak diizinkan menggunakan ponsel atau laptop. Ruangan tersebut berukuran kecil, mirip lemari penyimpanan, dengan dinding kosong sebagai satu-satunya teman bagi penghuninya.

Ilustrasi Anak Kecil Ketakutan <b>(Pixabay)</b> Ilustrasi Anak Kecil Ketakutan (Pixabay)

Mayoritas orang tua yang memilih untuk mengurung diri ini memiliki anak yang telah sepenuhnya menarik diri dari masyarakat, belajar sendiri tentang perasaan terputus dari dunia.

Tahun sebelumnya, Kementerian Kesehatan dan Kesejahteraan Korea Selatan melakukan survei terhadap 15.000 orang yang berusia antara 19 hingga 34 tahun. Hasil survei menunjukkan bahwa lebih dari 5 persen dari responden mengalami isolasi sosial.

Baca Juga: Ngeri, Ini Kronologi Lengkap Pesawat Korean Air Terjun Bebas Selama 15 Menit 

Jika data ini mewakili populasi Korea Selatan secara lebih luas, diperkirakan sekitar 540.000 orang mengalami kondisi serupa. Sejak bulan April, para orang tua di Korea Selatan telah terlibat dalam sebuah program pendidikan orang tua yang berlangsung selama 13 minggu, yang didanai dan dijalankan oleh Korea Youth Foundation dan Blue Whale Recovery Centre, sebuah lembaga swadaya masyarakat.

Halaman
x|close