Warga Turki Gelar Protes dan Penangkapan dalam Kerusuhan Anti-Suriah

NTVNews - Berita Hari Ini, Terbaru dan Viral - 4 Jul 2024, 12:05
Dedi
Penulis
Beno Junianto
Editor
Bagikan
Kerusuhan Anti Suriah di Turki Kerusuhan Anti Suriah di Turki (Reuters)

Ntvnews.id, TurkiPemerintah Turki mendesak kepada seluruh warganya agar lebih tenang setelah mereka melakukan kekerasan terhadap pengungsi Suriah di wilayah tengah Melikgazi dan bahkan melebar ke beberapa kota yang ada di Turki. 

Kerusuhan yang dilakukan oleh sejumlah warga ini meletus setelah pihak berwenang Turki menangkap seorang pria Suriah karena diduga melakukan pelecehan seksual terhadap seorang gadis Suriah berusia tujuh tahun di pusat kota Kayseri.

Warga Turki yang marah dengan laporan online mengenai kejahatan tersebut, membalik mobil di Kayseri dan membakar toko-toko yang dikelola warga Suriah pada Minggu malam. Mereka menuntut agar warga Suriah diusir dari negara tersebut.

Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan <b>(Reuters)</b> Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan (Reuters)

Kekerasan menyebar ke provinsi selatan Hatay, tempat para pengunjuk rasa membakar sebuah toko kelontong di Suriah. Kerusuhan tersebut merusak rumah, tempat kerja, dan kendaraan milik warga negara Suriah, kata Menteri Dalam Negeri Turki Ali Yerlikaya. 

Pada hari Selasa, Yerlikaya mengatakan 474 orang ditahan setelah tindakan provokatif dilakukan terhadap warga Suriah. Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan mengutuk kekerasan tersebut, dan ia menyalahkan pihak-pihak oposisi yang memicunya.

“Tidak dapat diterima untuk membakar rumah, melakukan perusakan dan membakar jalan-jalan. Tidak ada yang bisa dicapai dengan memicu xenofobia dan kebencian terhadap pengungsi di masyarakat,” katanya pada hari Senin dilansir dari Aljazeera

Halaman
x|close