Dirjen Aptika Kominfo Mundur Buntut Carut PDNS, Puan: Sebaiknya Evaluasi Diri

NTVNews - Berita Hari Ini, Terbaru dan Viral - 4 Jul 2024, 12:57
Deddy Setiawan
Penulis
Tasya Paramitha
Editor
Bagikan
Puan Maharani Puan Maharani (NTVnews.id)

Ntvnews.id, Jakarta - Direktur Jenderal Aplikasi Informatika (Aptika), Semuel Abrijani Pangerapan,di Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo), mengumumkan pengunduran dirinya sebagai respons terhadap kasus peretasan Pusat Data Nasional Sementara (PDNS) 2 oleh Brain Chiper.

Semuel menyatakan bahwa langkah ini adalah bagian dari tanggung jawab moralnya sebagai pemimpin Aptika dalam menangani kasus peretasan tersebut.

Menanggapi hal itu, Ketua DPR RI, Puan Maharani mengungkapkan bahwa hal tersebut sudah dibahas di Komisi I dan seharusnya tidak bakal terjadi.

  Puan Maharani <b>(NTVnews.id)</b> Puan Maharani (NTVnews.id)

“Ini kan memang satu hal yang menurut kami di DPR sudah dibahas di Komisi I hal yang seharusnya tidak terjadi seperti ini," ujar Puan saat ditemui di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Kamis, 4 Juli 2024.

Baca Juga: Pilkada Jateng, Puan: Kaesang Bagus

Lebih lanjut, Puan mengatakan akan ada evaluasi dan pihak-pihak yang bertanggung jawab juga harus mengevaluasi diri mereka. 

“Jadi secara konkrit dievaluasi kemudian tindak lanjutnya seperti apa, pihak pihak yang kemudian merasa lalai atau kemudian bertanggung jawab ya sebaiknya bisa mengevaluasi diri," ucapnya.

Ditanyai menterinya juga harus tanggung jawab atau tidak, Puan mengatakan bahwa selama dalam menjalankan tugas tidak maksimal ya harus lakukan evaluasi. 

“Menteri itu merupakan orang yang membantu presiden jadi ya selama dalam menjalankan tugasnya tidak bisa maksimal ya mungkin bisa dievaluasi oleh preside," katanya.

x|close