Ratusan Civitas Akademika FK Unair Mogok Mengajar, Tolak Dokter Asing dan Tuntut Dekan Dikembalikan

NTVNews - Berita Hari Ini, Terbaru dan Viral - 5 Jul 2024, 11:23
Alber Laia
Penulis
Beno Junianto
Editor
Bagikan
Ratusan mahasiswa, dosen, dan guru besar Fakultas Kedokteran Universitas Airlangga (FK Unair) menggelar aksi unjuk rasa. Ratusan mahasiswa, dosen, dan guru besar Fakultas Kedokteran Universitas Airlangga (FK Unair) menggelar aksi unjuk rasa. (Instagram)

Ntvnews.id, Jakarta - Ratusan mahasiswa, dosen, dan guru besar Fakultas Kedokteran Universitas Airlangga (FK Unair) turun ke jalan pada hari ini (4 Juli 2024) untuk menggelar aksi unjuk rasa. Mereka memprotes pemberhentian Dekan FK Unair, Prof Budi Santoso, yang dianggap tidak adil dan berlandaskan penolakan terhadap kebijakan dokter asing.

Dilansir melalui unggahan akun Instagram @jabodetabek24info, Aksi ini diwarnai dengan ancaman mogok mengajar dari para dosen dan guru besar. Mereka menuntut Prof Budi Santoso dikembalikan ke jabatannya dan nama baiknya dipulihkan. Salah satu guru besar FK Unair, Prof Dr Abdul Hafid Bajamal, menegaskan bahwa aksi ini akan terus berlangsung sampai tuntutan mereka dipenuhi.

Sebelumnya diketahui, Prof Budi Santoso diberhentikan dari jabatannya sebagai Dekan Fakultas Kedokteran karena menolak program pemerintah mendatangkan dokter asing ke Indonesia.

Ia diberhentikan pada Rabu (3/7), yang diduga karena pernyataannya menolak program dokter asing di Indonesia.

 
 
 
Lihat postingan ini di Instagram
 
 
 

Sebuah kiriman dibagikan oleh Jabodetabek24info (@jabodetabek24info)

Civitas akademika FK Unair menolak kebijakan dokter asing karena mereka khawatir hal ini akan berdampak negatif pada kualitas pendidikan kedokteran di Indonesia dan lapangan pekerjaan bagi dokter lokal.

Pemberhentian Prof Budi Santoso dipicu oleh penolakan beliau terhadap kebijakan tersebut dalam sebuah rapat. Hal ini dianggap sebagai bentuk pelanggaran terhadap kebebasan akademik dan otonomi universitas.

Baca Juga:

Halaman
x|close