Terkuak, Ini Ciri-ciri Satria Piningit yang Diramalkan Prabu Jayabaya

NTVNews - 7 Mei 2024, 04:55
Deddy Setiawan
Penulis
Beno Junianto
Editor
Bagikan
Jayabaya Jayabaya (Istimewa)

Ntvnews.id, Jakarta - Apakah ramalan tentang Satria Piningit, salah satu prediksi terkenal dari Prabu Jayabaya, sudah terbukti?

Berdasarkan buku "Menunggu Satrio Piningit" (2011) yang ditulis oleh Yanuar Arifin, Prabu Jayabaya meramalkan bahwa bangsa Indonesia akan mengalami zaman kalabendhu (kekacauan) di masa depan. 

Ketika masa itu terjadi, diharapkan Satria Piningit akan muncul dan membimbing bangsa Indonesia keluar dari situasi tersebut.

"Jongko Jayabaya bait 140-173, Prabu Jayabaya memulai ramalannya dengan mengungkapkan situasi tanah Jawa sebelum kemunculan Satrio Piningit. Situasi yang digambarkan berupa keadaan tanah Jawa yang dirundung masa-masa kegelapan," tulis Yanuar.

Jayabaya <b>(Istimewas)</b> Jayabaya (Istimewas)

Lalu, apakah kondisi Tanah Air saat ini menggambarkan zaman kalabendhu seperti yang dimaksud Jayabaya? Tak ada yang bisa memastikan hal itu.

Namun dalam bukunya, Yanuar menjabarkan sosok Satria Piningit seperti yang digambarkan Jayabaya. Satria Piningit berwatak seperti Batara Kresna, berwatak Pandawa dan bersenjata trisula.

Perlu diketahui juga, ternyata Satria Piningit juga merupakan sosok pemimpin yang mampu memprediksi masa depan. 

Halaman
x|close