8 Rumah Rusak Parah, Ini 5 Fakta Gempa Bumi di Batang Jawa Tengah

NTVNews - Berita Hari Ini, Terbaru dan Viral - 8 Jul 2024, 04:10
Zaki Islami
Penulis
Beno Junianto
Editor
Bagikan
Gempa di Batang Gempa di Batang (ANTARA)

Ntvnews.id, Jakarta - Gempa bumi mengguncang Batang, Jawa Tengah dengan kekuatan 4,4 Magnitudo pada Minggu 7 Juli 2024, sekitar pukul 14.35 WIB.

Sementara menurut Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB Abdul Muhari kini petugas gabungan dari BPBD, Basarnas, TNI/Polri, Tagama, kalangan relawan dan lainnya sudah berada di lokasi untuk membantu warga yang terdampak. Berikut beberapa faktanya:

1. Tidak ada Korban Jiwa

Kejadian gempa yang menimpa Batang, Jawa Tengah tidak menelan korban jiwa. Namun melukai empat orang di antaranya  Sri Mukartuna (37), Cati (78), Yunun Safarih (42), dan Sapiin (65), warga Kelurahan Karangasem Selatan, Kecamatan Batang. Keempat korban tersebut sudah dilarikan ke Rumah Sakit Umum Daerah Kalisari, Batang.

2. Kekuatan Mencapai 4,4 Magnitudo

Gempa di Batang <b>(BMKG)</b> Gempa di Batang (BMKG)

Gempa bumi berkekuatan 4,4 magnitudo terjadi pada Minggu siang pukul 14.35 WIB yang episentrumnya berada di darat dengan kedalaman 6 kilometer pada jarak 5 kilometer arah timur laut Batang, Jawa Tengah dan tidak berpotensi tsunami.

3. Kerusakan

Meskipun tidak menelan korban jiwa, akan tetapi gempa tersebut telah merusak satu tempat ibadah, satu sekolah dan kantor Bupati.

4. 8 Rumah Ancur

Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB Abdul Muhari menjelaskan bahwa gempa telah merusak rumah delapan keluarga tersebut dengan rincian tiga rumah rusak berat, lima rumah rusak ringan dan saat ini sedang disiapkan tempat pengungsian untuk mereka yang terdampak.

5. BNPB Siapkan Tempat Pengungsian

Badan Nasional Penanggulan Bencana (BNPB) telah menyiapkan tempat mengusiang sementara untuk para korban gempa bumi.

x|close