Gempa Bumi Guncang Cianjur Sampai 2 Kali Berturut-turut

NTVNews - Berita Hari Ini, Terbaru dan Viral - 8 Jul 2024, 13:22
Alber Laia
Penulis
Beno Junianto
Editor
Bagikan
Gempa bumi di Cianjur Gempa bumi di Cianjur (Instagram @bmkgbandung)

Ntvnews.id, CianjurGempa bumi tektonik berkekuatan M2,5 mengguncang wilayah Kabupaten Cianjur, Jawa Barat pada hari Senin, 08 Juli 2024 pukul 11:33:40 WIB.

Melalui unggahan akun Instagram @bmkgbandung, pada Senin, (8/7/2024). Gempa ini dipicu oleh aktivitas sesar aktif di wilayah setempat. Episenter gempa terletak di darat pada jarak 20 km Tenggara Kabupaten Cianjur dengan kedalaman 6 km.

"Hasil analisa BMKG menunjukkan bahwa gempabumi ini berkekuatan M=2,5. Episenter terletak pada koordinat 7.00 LS dan 107.18 BT, atau tepatnya berlokasi di darat pada jarak 20 km Tenggara Kab. Cianjur, Jawa Barat pada kedalaman 6 km," demikian keterangan resmi BMKG.

 
 
 
Lihat postingan ini di Instagram
 
 
 

Sebuah kiriman dibagikan oleh BMKG Bandung (@bmkgbandung)

Guncangan gempa dirasakan di wilayah Kecamatan Cibeber dan Kecamatan Cempaka Cianjur dengan Skala Intensitas II - III MMI. Getaran dirasakan oleh beberapa orang, benda-benda ringan yang digantung bergoyang, dan terasa getaran seakan-akan ada truk berlalu.

Baca Juga:

Ibu Muda di Probolinggo Dibacok Suami di Depan Anak

Hingga saat ini, belum ada laporan mengenai kerusakan bangunan atau korban jiwa akibat gempa tersebut.

BMKG menghimbau masyarakat di wilayah Cianjur untuk tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya. Dengan mengikuti informasi terbaru dari BMKG terkait dengan potensi gempa bumi di wilayah tersebut.

x|close