Kata BMKG, Hujan Lebat di Musim Kemarau Terjadi Hingga 14 Juli

NTVNews - Berita Hari Ini, Terbaru dan Viral - 9 Jul 2024, 10:32
Zaki Islami
Penulis
Beno Junianto
Editor
Bagikan
Zoom Meeting Terkait Curah Hujan Tinggi di Musim Kemarau Zoom Meeting Terkait Curah Hujan Tinggi di Musim Kemarau (Tangkapan Layar)

Ntvnews.id, Jakarta - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menjelaskan mengenai curah hujan yang sangat tinggi Indonesia meskipun sudah memasuki musim kemarau.

Seperti diketahui, dalam beberapa hari kebelakang curah hujan di Indonesia tergolong sangat tinggi sehingga menyebabkan kebanjiran di beberapa wilayah.

Baca Juga:

Penjelasan BMKG Terkait Hujan Lebat di Musim Kemarau

Hal ini pun dijelaskan oleh Kepala BMKG, Dwikorita Karnawati mengenai peningkatan curah hujan berapa hari ini di beberapa wilayah barat Indonesia sangat dipengaruhi oleh aktifnya fenomena atmosfer Madden Julian Oscillation (MJO), gelombang Kelvin dan Rossby Equatorial.

"Sehingga berdasarkan analisis cuaca dan pengamatan perkembangan kondisi cuaca, sepekan ke depan masih terdapat potensi peningkatan curah hujan yang signifikan di wilayah Indonesia meskipun telah memasuki musim kemarau," Kata Dwikorita saat Konferensi Pers melalui Zoom, Selasa 9 Juli 2024.

BMKG <b>(Tangkapan Layar)</b> BMKG (Tangkapan Layar)

Ia menambahkan lebih lanjut, fenomena MJO yang saat ini aktif menyebabkan pergerakan atau propagasi kumpulan awan-awan hujan dari Samudra Hindia sebelah timur Afrika bergerak di sepanjang khatulistiwa menuju Samudra Pasifik melintasi wilayah Indonesia.

Halaman

TERKINI

Soal Peluang Dirinya di Kabinet Prabowo, Ini Respons Basuki

Politik Kamis, 19 Sep 2024 | 05:40 WIB

Pecahan Negara Soviet Ini Sahkan RUU Anti-LGBT

Luar Negeri Kamis, 19 Sep 2024 | 04:50 WIB

Memanas! AS Gempur Suriah Gegara Hal Ini

Luar Negeri Kamis, 19 Sep 2024 | 04:35 WIB

Gila! Seorang Suami Bius Istri untuk Diperkosa Massal

Luar Negeri Kamis, 19 Sep 2024 | 03:55 WIB

2 Orang Tewas Setelah Bom Meledak di Pangkalan Militer

Luar Negeri Kamis, 19 Sep 2024 | 01:27 WIB
Load More
x|close