Sorot dan Komentari Bea Cukai, Ternyata Sri Mulyani Pernah Lakukan Sidak

NTVNews - 7 Mei 2024, 09:49
Deddy Setiawan
Penulis
Beno Junianto
Editor
Bagikan
Sri Mulyani Sidak Bea Cukai Sri Mulyani Sidak Bea Cukai (Tangkapan Layar)

Ntvnews.id, Jakarta - Baru-baru ini, Bea Cukai mendapat sorotan tajam di media sosial karena sulitnya proses pengeluaran barang impor yang dibeli oleh masyarakat.

Dua kasus yang mencuat adalah masalah yang dialami oleh pengelola Sekolah Luar Biasa (SLB) yang menerima hibah alat bantu belajar untuk tunanetra, dan kasus sepatu impor yang dikenai bea masuk dengan nilai yang tinggi.

Menkeu Sri Mulyani telah meminta Direktorat Jenderal Bea dan Cukai Indonesia (DJBC) untuk terus meningkatkan layanan dan mendengarkan keluhan masyarakat demi perbaikan yang lebih baik. 

“Arahan saya jelas, saya minta BC terus melakukan perbaikan layanan dan proaktif memberikan edukasi kepada masyarakat mengenai kebijakan-kebijakan dari berbagai K/L yang harus dilaksanakan oleh BC sesuai mandat UU yaitu sebagai border protection, revenue collector, trade facilitator, dan industrial assistance," kata Sri Mulyani dikutip dari akun Instagramnya.

Sri Mulyani mengklaim, dirinya telah menginstruksikan kepada jajaran pejabat dan pegawainya agar selalu sigap dalam berkoordinasi dengan pihak terkait terkait pengaturan keluar masuk barang dari dan ke luar negeri.

Bea Cukai Soekarno-Hatta <b>(YouTube)</b> Bea Cukai Soekarno-Hatta (YouTube)

"Saya juga meminta BC untuk bekerja sama dengan para stakeholders terkait agar dalam pelayanan dan penanganan masalah di lapangan dapat berjalan cepat, tepat, efektif sehingga memberikan kepastian kepada masyarakat," Sambungnya.

Selain kecepatan dalam bekerja, Sri Mulyani juga meminta pegawai Bea Cukai tak lelah mengedukasi masyarakat terkait aturan-aturan baru ekspor-impor, termasuk regulasi dari instansi lain.

Halaman
x|close