Divonis 10 Tahun Penjara, SYL: Terima Kasih Jokowi dan Surya Paloh

NTVNews - Berita Hari Ini, Terbaru dan Viral - 11 Jul 2024, 16:23
Moh. Rizky
Penulis
Beno Junianto
Editor
Bagikan
Mantan Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo (SYL) usai sidang tuntutan. Mantan Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo (SYL) usai sidang tuntutan.

Ntvnews.id, Jakarta - Eks Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo (SYL) divonis 10 tahun penjara dan diminta membayar sejumlah uang denda dan pengganti, dalam kasus pemerasan anak buah. SYL menyampaikan terima kasih kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi) lantaran telah menunjuknya menjadi menteri.

"Izinkan saya menyampaikan terima kasih saya kepada Joko Widodo selaku Presiden yang menunjuk saya sebagai menteri, mengambil kebijakan-kebijakan dan pada saat itu harga pun dapat dikendalikan di seluruh Indonesia. Saya sampaikan terima kasih Pak Jokowi memberi saya kesempatan sebagai menteri, apa pun akibat dari sebuah kebijakan ini risiko jabatan bagi saya," ujar SYL usai sidang vonis di Pengadilan Tipikor Jakarta, Kamis (11/7/2024).

SYL turut menyampaikan terima kasih kepada Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh. Dia menyebut Surya Paloh konsisten membela rakyat dan bangsa.

"Terima kasih Pak Surya Paloh yang selalu mengajarkan saya terhadap masalah kebangsaan, maafkan saya kalau, tentu sebagai manusia ada yang keliru tetapi Surya Paloh sangat konsisten dengan partai untuk mengatakan bela rakyat, bela bangsa. Kalau saya harus terpenjara atas nama itu semua, saya minta maaf pada seluruh jajaran," kata dia.

Ia pun meminta maaf kepada keluarga hingga masyarakat Bugis, Toraja, dan Makassar. Dia berterima kasih untuk dukungan yang selama ini diberikan.

"Maaf saya kepada keluarga saya, maaf saya kepada semua orang Bugis, Makassar, Mandar, dan Toraja yang selama ini banyak memberikan support sama saya. Saya ingatkan ini bukan proyek, ini bukan rekomendasi-rekomendasi dan izin-izin impor yang ratusan triliun, kalau saya mau korupsi ini bukan, yang ditarik adalah skincare, yang ditarik adalah pembelian parfum dan lain-lain," papar dia.

Ia pun mengaku bangga saat menjadi Menteri Pertanian lantaran mendapat 71 penghargaan nasional. Dia mengaku terlalu asyik di lapangan.

Halaman
x|close