PBNU Sesali Pertemuan Lima Nahdliyin dengan Presiden Israel, Berkelakar Hal Ini

NTVNews - Berita Hari Ini, Terbaru dan Viral - 15 Jul 2024, 17:27
Deddy Setiawan
Penulis
Tasya Paramitha
Editor
Bagikan
Pengurus PBNU foto bareng presiden Israel Pengurus PBNU foto bareng presiden Israel (Instagram Info jawa barat)

Ntvnews.id, Jakarta -  Ketua Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) Savic Ali sesali pertemuan lima Nahdliyin dengan Presiden Israel Isaac Herzog. Savic menegaskan bahwa kunjungan lima Nahdliyin tersebut tidak mewakili NU.

"Kemungkinan kunjungan mereka atas nama pribadi. Kita tidak tahu tujuannya apa dan siapa yang mensponsorinya. Ini tindakan yang disesalkan," kata Savic, seperti dikutip situs resmi NU, Senin, 15 Juli 2024.

Savic mengkritik kunjungan lima Nahdliyin karena kurang memahami aspek geopolitik dan kurang memahami kebijakan organisasi NU serta perasaan seluruh anggota NU. Dia menyatakan bahwa PBNU belum mengetahui siapa yang mensponsori keberangkatan lima Nahdliyin tersebut ke Israel.

Baca Juga: PBNU: Kunjungan 5 Pemuda Temui Presiden Israel Lukai Perasaan Nahdliyin

Savic menyatakan bahwa meskipun kunjungan dilakukan atas nama pribadi, mereka berlima dikenal sebagai anggota dan aktivis NU. Menurut Savic, hal ini telah merusak citra NU di mata publik, terutama karena PBNU dan Nahdliyin secara konsisten mendukung Palestina dan mengutuk agresi militer Israel. 

"Israel sampai saat ini tak mengakui Palestina dan terus melakukan agresi militer yang memakan ribuan korban jiwa. Israel masih menjatuhkan bom dan peluru kepada warga Palestina. Korbannya banyak sekali, warga sipil," katanya.

Kemudian, Savic menyebutkan bahwa PBNU saat ini tengah melakukan komunikasi intensif dengan pihak Palestina untuk membahas perkembangan terbaru. Lebih lanjut, Savic menambahkan bahwa Ketua Umum PBNU, KH Yahya Cholil Staquf, melakukan pertemuan dan berdiskusi secara khusus dengan Duta Besar Palestina Zuhair al-Shun di kantor PBNU pada Kamis, 11 Juli lalu.

Halaman
x|close