Dijamin Tak Ada Pengaturan Skor di Piala Presiden

NTVNews - Berita Hari Ini, Terbaru dan Viral - 15 Jul 2024, 18:00
Moh. Rizky
Penulis
Tasya Paramitha
Editor
Bagikan
Rapat terkait penyelenggaraan Piala Presiden 2024 digelar. Rapat terkait penyelenggaraan Piala Presiden 2024 digelar.

Ntvnews.id, Jakarta - Ketua Steering Committee (SC) Piala Presiden 2024, Maruarar Sirait (Ara) menggelar rapat koordinasi dengan Ketua Umum PSSI dan Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo, perihal gelaran ajang pramusim Liga 1 itu. Ara mengatakan, PricewaterhouseCoopers (PwC) dilibatkan sebagai auditor dalam turnamen tersebut.

"Karena Indonesia sepakbolanya dibawa pimpinan Pak Erick prestasinya bagus dan tentunya akan menjadi go international bahkan dunia. Jadi auditornya harus juga dari yang kelasnya kelas dunia," ujar Ara dalam jumpa pers di Gedung Rupatama, Mabes Polri, Jakarta, Senin (15/7/2024).

Ara mengatakan, Presiden Joko Widodo (Jokowi) menginginkan pondasi industri olahraga melalui pembiayaan swasta sepenuhnya. Artinya, kata Ara, ke depan tidak ada lagi anggaran dari Badan Usaha Milik Negara (BUMN) atau bahkan APBN untuk sponsor klub.

"Jadi kalau kita mau sepakbola kita lihat di negara-negara maju, visi daripada Presiden Jokowi dan Pak Erick adalah pada akhirnya menjadi industri olahraga. Jadi pembiayaannya itu adalah dari swasta murni," kata Ara.

Ara juga memastikan tak ada pengaturan skor pada turnamen Piala Presiden 2024. Karenanya, dia meminta bantuan Polri untuk mengawal keamanan pertandingan.

Ara menilai, kolaborasi itu perlu dilakukan guna menarik minat penonton. Sehingga tayangan gelaran itu mendapatkan rating tinggi di televisi, dan akhirnya dapat menarik sponsor dan iklan.

"Jadi selama ini juga Piala Presiden ratingnya sangat tinggi sekali, sehingga itu menarik daripada sponsor dan iklan yang dipasang. Karena sponsor iklan mau pasang kalau ratingnya tinggi," kata Ara.

Halaman
x|close