Ngeri, Terkuak Alasan Arkeolog Takut Bongkar Makam Kaisar Pertama China

NTVNews - Berita Hari Ini, Terbaru dan Viral - 16 Jul 2024, 08:10
Deddy Setiawan
Penulis
Siti Ruqoyah
Editor
Bagikan
Makam Kaisar China Makam Kaisar China (Istimewa)

Ntvnews.id, Beijing - Para arkeolog menghadapi ketidakberanian untuk membuka makam Qin Shi Huang, kaisar pertama China, karena keputusannya selama hidupnya. Meskipun sebagian besar kuburannya telah dieksplorasi.

Dilansir dari Science Alert, Selasa, 16 Juli 2024, sebuah penelitian pada tahun 2020 menemukan bahwa makam yang berusia 2.200 tahun tersebut terkontaminasi dengan tingkat merkuri yang sangat berbahaya. Sampel tanah di sekitar makam menunjukkan konsentrasi merkuri yang sangat tinggi.

Dilansir dari BBC, Qin Shi Huang dikenal sebagai sosok yang sangat ambisius dalam pencariannya akan keabadian.

Untuk mencapai keabadian, Qin Shi Huang memilih untuk mengonsumsi minuman anggur yang dimaniskan dengan madu dan dicampur dengan merkuri. Ini dilakukannya setelah mengetahui bahwa dalam mitologi kuno, raja dan masyarakat dapat hidup selama 10 ribu tahun setelah meminum cinabaris atau merkuri sulfida.

Baca Juga: Geger Turis Asal China Kepergok Lakukan Seks di Parkiran Kampus

Diduga Qin Shi Huang meninggal pada usia 49 tahun akibat keracunan merkuri. Meskipun demikian, ia diyakini akan tetap menjadi kaisar di akhirat meskipun tidak dapat memerintah selamanya dalam kehidupan dunia.

Sementara itu, sejarawan China kuno, Sima Qian, mencatat adanya perangkap di dalam makam Qin Shi Huang yang sengaja dipasang untuk mencegah penggalian sembarangan.

Halaman
x|close