Heboh Penemuan Gua di Bulan, Bisa Ditinggali Astronot di Masa Depan

NTVNews - Berita Hari Ini, Terbaru dan Viral - 16 Jul 2024, 13:33
Deddy Setiawan
Penulis
Siti Ruqoyah
Editor
Bagikan
Bulan Bulan (OPB)

Ntvnews.id, Jakarta - Para ilmuwan telah mengkonfirmasi adanya sebuah gua di bulan, tidak jauh dari tempat Neil Armstrong dan Buzz Aldrin mendarat 55 tahun yang lalu, dan menduga masih ada ratusan gua lain yang nantinya dapat menjadi tempat tinggal para astronot di masa depan. 

Dilansir dari OPB, Selasa, 16 Juli 2024,sebuah tim yang dipimpin oleh Italia melaporkan pada hari Senin bahwa ada bukti adanya gua yang cukup besar yang dapat diakses dari lubang terdalam di bulan. Gua ini terletak di Laut Ketenangan, hanya 250 mil dari lokasi pendaratan Apollo 11.

Lubang tersebut, seperti lebih dari 200 lubang lainnya yang ditemukan di sana, tercipta dari runtuhnya tabung lava.

Baca Juga: CEO Xpeng Kritik Minimnya Fokus Industri Otomotif pada Teknologi

Para peneliti menganalisis pengukuran radar oleh Lunar Reconnaissance Orbiter milik NASA, dan membandingkan hasilnya dengan tabung lava di Bumi. Temuan mereka muncul di jurnal Nature Astronomy.

Data radar hanya mengungkapkan bagian awal dari rongga bawah tanah, menurut para ilmuwan. Mereka memperkirakan lebarnya setidaknya 130 kaki (40 meter) dan panjangnya puluhan yard (meter), bahkan mungkin lebih.

"Gua-gua di Bulan masih menjadi misteri selama lebih dari 50 tahun. Jadi, sangat menyenangkan akhirnya bisa membuktikan keberadaannya," tulis Leonardo Carrer dan Lorenzo Bruzzone dari Universitas Trento dalam sebuah email.

Halaman
x|close