6 Tewas dan 28 Luka dalam Insiden Penembakan di Masjid Perayaan Asyura

NTVNews - Berita Hari Ini, Terbaru dan Viral - 17 Jul 2024, 10:41
Deddy Setiawan
Penulis
Beno Junianto
Editor
Bagikan
Ilustrasi Penembakan Ilustrasi Penembakan

Ntvnews.id, Jakarta - Enam orang meninggal dalam penembakan di masjid di Ibu Kota Muscat, Oman, Senin malam, 15 Juli2024 lalu, termasuk empat warga Pakistan dan seorang polisi setempat. 

Dilansir dari Al Arabiya, Rabu, 17 Juli 2024, tiga pelaku juga tewas dalam baku tembak dengan petugas keamanan. Serangan terhadap masjid Syiah di Distrik Wadi Al Kabir ini merupakan peristiwa langka di negara Teluk yang dikenal sebagai salah satu yang paling stabil di dunia.

Serangan tersebut juga melukai 28 orang, termasuk petugas keamanan dan beberapa warga asing. Kementerian Luar Negeri Pakistan mengonfirmasi bahwa serangan terjadi di Masjid Ali bin Abi Thalib atau yang dikenal sebagai Masjid Imam Ali.

Baca Juga: Kata Rusia soal Penembakan Donald Trump, Ini Pesannya

Sementara itu, angkatan bersenjata Pakistan menyebut kejadian tersebut sebagai aksi terorisme. Serangan terjadi saat umat Syiah merayakan Asyura, peringatan wafatnya cucu Nabi Muhammad SAW, Hussein, yang diperingati setiap tanggal 10 Muharram.

Perayaan Asyura kadang memicu ketegangan antara Muslim Sunni dan Syiah di beberapa negara, namun sebelumnya belum pernah terjadi di Oman. 

Kepolisian Oman belum memberikan keterangan resmi mengenai motif penembakan, termasuk apakah telah ada penangkapan terhadap tersangka.

Halaman
x|close