Survei Kompas Pilgub Jabar 2024: Ridwan Kamil 36 Persen, Dedi Mulyadi 12 Persen, Komeng Bikin Kejutan

NTVNews - Berita Hari Ini, Terbaru dan Viral - 17 Jul 2024, 12:36
Deddy Setiawan
Penulis
Tim Redaksi
Editor
Bagikan
Ridwan Kamil Ridwan Kamil

Ntvnews.id, Jakarta - Menurut survei Litbang Kompas pada Juni 2024, Ridwan Kamil merupakan kandidat gubernur Jawa Barat yang paling populer atau kuat di kalangan masyarakat. Sebanyak 36,6 persen responden menyebut Kang Emil sebagai pilihan utama mereka.

Selain Ridwan Kamil, nama-nama lain yang juga disebut sebagai calon potensial adalah Dedi Mulyadi, Alfiansyah Komeng, Deddy Mizwar, Dede Yusuf, Atalia Praratya, Desy Ratnasari, Ahmad Syaikhu, dan Bima Arya. Namun, tingkat popularitas mereka masih jauh di bawah Ridwan Kamil menurut hasil survei tersebut.

Komeng <b>(Instagram @komeng.original)</b> Komeng (Instagram @komeng.original)

Yang mengejutkan adalah munculnya nama komedian Komeng, yang terpilih menjadi anggota DPD RI, masuk dalam survei yang dilakukan. 

Terkonsentrasinya pilihan publik Jabar pada Kamil yang adalah Gubernur Jabar periode 2018-2023 turut didorong oleh keberadaan pemilih loyal. Temuan survei memperlihatkan ada 48 persen publik Jabar yang pasti akan memilih Kamil.

Survei Litbang Kompas Pilgub Jabar 2024 <b>(Survei Litbang Kompas )</b> Survei Litbang Kompas Pilgub Jabar 2024 (Survei Litbang Kompas )

Potensi keterpilihan ini juga didukung oleh minimnya resistensi publik terhadap sosok Kamil. Penolakan publik terhadap Kamil sebesar 6,2 persen dan menjadi yang paling minim di antara sosok lain

Hasil survei Kompas pada Juni 2024 menunjukkan popularitas yang diraih Kamil mencapai 92,8 persen. Hal ini menunjukkan hampir semua publik Jabar sudah tahu sosok Kamil.

Popularitas tersebut juga beriringan dengan penilaian positif atas kiprah Kamil selama memimpin Jabar. Delapan dari 10 responden survei menyatakan kepemimpinan Kamil merupakan yang terbaik dibandingkan dengan gubernur-gubernur lain.

Halaman
x|close