Rekam Jejak Dr Ari Gordon yang Batal Isi Seminar di Masjid Istiqlal, Pembela Israel dan Sudutkan Hamas

NTVNews - Berita Hari Ini, Terbaru dan Viral - 18 Jul 2024, 11:37
Dedi
Penulis
Tasya Paramitha
Editor
Bagikan
Ari Gordon Ari Gordon (ajc.org)

Ntvnews.id, Jakarta - Ari Gordon yang didapuk sebagai pembicara dalam acara seminar bertajuk "Relations Among Abrahamic Religious Communities in History and Today" oleh Voice of Istiqlal menuai sorotan. Hal ini bahkan menuai kritikan dari publik hingga tokoh agama di Indonesia. 

Pria Yahudi berkebangsaan Amerika itu adalah Direktur AJC atau American Jewish Committee yang ramai dituduh ditumpangi zionis Israel. Rekam jejak Ari Gordon sebelum menjadi pembicara seminar di Masjid Istiqlal pun mulai terungkap di media sosial. 

Dalam sebuah unggahan di akun X, Dr Ari Gordon rupanya sempat menyudutkan tentara Hamas yang menyerang Israel. Akun X milik Direktur AJC tersebut diketahui sempat membagikan ulang cuitan bernada membela Israel. 

Dr Ari Gordon di UIN Sunan Ampel Surabaya <b>(YouTube)</b> Dr Ari Gordon di UIN Sunan Ampel Surabaya (YouTube)

“Mendukung Palestina bukan berarti harus menurunkan empati untuk orang Israel yang terbunuh oleh Hamas,” tulis akun tersebut.

Beberapa pernyataan Ari Gordon yang juga dianggap kontroversial adalah saat menyebut bahwa anti zionisme sama dengan anti semitisme. Akhirnya, sosok pembicara yang batal mengisi seminar di Masjid Istiqlal tersebut menuai kemarahan publik. 

“Ari Gordon ini bukanlah tokoh yang netral, posisi organisasinya (AJC) terhadap konflik Israel-Palestina, sudah jelas tertuang di website mereka. Maka sangat mengherankan Istiqlal sebagai institusi nasional di bawah Departemen Agama malah memberi panggung” tulis akun X @bayuamus pada 17 Juli 2024.

Halaman
x|close