Pengusutan Kasus Vina, Dedi Mulyadi: Peristiwa Terburuk dalam Sejarah Hukum Indonesia

NTVNews - Berita Hari Ini, Terbaru dan Viral - 19 Jul 2024, 13:54
Adiantoro
Penulis & Editor
Bagikan
Dedi Mulyadi saat tampil sebagai bintang tamu dalam acara DonCast di Nusantara TV, Kamis (18/7/2024). Dedi Mulyadi saat tampil sebagai bintang tamu dalam acara DonCast di Nusantara TV, Kamis (18/7/2024).

Ntvnews.id, Jakarta - Mantan Bupati Purwakarta, Dedi Mulyadi mengungkapkan pengusutan kasus Vina merupakan peristiwa terburuk dalam sejarah hukum Indonesia.

Hal itu disampaikan Dedi saat tampil sebagai bintang tamu dalam acara DonCast di Nusantara TV, Kamis (18/7/2024).

Dedi mengatakan, kasus Vina adalah peristiwa kemanusiaan yang luar biasa. Menurutnya, di era kolonial Belanda sekalipun mungkin belum pernah ada cerita seorang warga negara dipenjara seumur hidup sebanyak 7 orang.

"Hampir 8 orang kalau nggak Pegi Setiawan bisa hukuman mati, tanpa alat bukti yang memadai, dan hampir 8 tahun itu sirna tidak ada yang bicara," ujar Dedi.

Dia menyebutkan, kasus ini baru muncul ke permukaan setelah beredarnya film "Vina: Sebelum 7 Hari". 

"Film itu pun memposisikan tujuh terpidana betul-betul pelaku, dan sorotan publik waktu itu adalah penghujatan terhadap para terpidana, penghujatan terhadap pengacara Saka Tatal, Ibu Titin (Pralianti), penghujatan terhadap Saka Tatal yang baru keluar dari penjara," lanjutnya.

Di sisi lain, Dedi melihat ada masalah kemanusiaan luar biasa dalam kasus ini, sehingga dirinya harus mulai bertanya pada orang-orang yang mengalami masalah tersebut.

Halaman
x|close