Mama Ghufron Minta Maaf Imbas Ceramah dan Bisa Bicara Dengan Malaikat

NTVNews - Berita Hari Ini, Terbaru dan Viral - 19 Jul 2024, 18:30
Dedi
Penulis
Siti Ruqoyah
Editor
Bagikan
Mama Ghufron Mama Ghufron (Instagram @lambe_turah)

Ntvnews.id, Jakarta - Abuya Mama Ghufron atau yang dikenal sebagai Iyus Sugirman mengeluarkan permintaan maaf terbuka terkait potongan video ceramahnya yang mengundang kontroversi. 

Dalam ceramah tersebut, Mama Ghufron mengklaim dirinya mampu berkomunikasi dengan semut dan cacing, bahkan melakukan panggilan video dengan malaikat maut.

Permintaan maaf ini disampaikan melalui saluran YouTube Ponpes Uniq Nusantara. Mama Ghufron didampingi oleh tiga orang lainnya, dan permintaan maaf tersebut dibacakan oleh Ubad Amirullah.

Mama Ghufron Minta Maaf <b>(Instagram)</b> Mama Ghufron Minta Maaf (Instagram)

"Assalamu'alaikum Wr Wb, salam rahayu, salam Pancasila. Saya atas nama Ponpes Uniq Nusantara Pancasila, Muhammad Abdul Ghufron, mengucapkan mohon maaf yang sebesar-besarnya kepada seluruh masyarakat Indonesia dari Sabang sampai Merauke atas banyaknya framing-an video yang beredar di media sosial," ucap Mama Ghufron yang diwakilkan oleh Ubad dalam video tersebut.

Mama Ghufron mengungkapkan bahwa selama ini ia memberikan pengajaran kepada para penghuni pondok dengan berpegang teguh pada prinsip-prinsip akidah dan nilai-nilai Pancasila. Ia menekankan pentingnya pemahaman mendalam mengenai kedua hal tersebut sebagai landasan moral dan etika dalam kehidupan sehari-hari..

"Yang jelas Pondok Pesantren Uniq Nusantara Pancasila saya ajarkan dengan ajaran yang berakidah ahlussunnah wal jama'ah Asy'ariyyah Maturidiyyah dan mencintai Pancasila, NKRI harga mati," ujarnya.

Mama Ghufron <b>(Instagram @lambe_turah)</b> Mama Ghufron (Instagram @lambe_turah)

Mama Ghufron mengatakan bahwa selama ini ia membimbing para penghuni pondok pesantren. Dalam bimbingannya, ia selalu berlandaskan pada akidah. Selain itu, Pancasila juga menjadi pedoman yang ia gunakan.

Halaman
x|close