Tanda Kiamat Ini Sempat Muncul di Makkah, Benarkah?

NTVNews - 8 Mei 2024, 09:28
Deddy Setiawan
Penulis
Beno Junianto
Editor
Bagikan
Pegunungan Menghijau di Makkah Pegunungan Menghijau di Makkah (Istimewa)

Ntvnews.id, Makkah - Gunung-gunung di Makkah, Arab Saudi sempat terlihat berwarna hijau setelah beberapa kali turun hujan tahun lalu. Sebuah hadis menyebutkan bahwa hijaunya tanah Saudi adalah salah satu tanda kiamat.

Potret hijaunya pegunungan di Makkah dibagikan oleh media yang berbasis di sana, Inside the Haramain (Haramain Sharifain), melalui akun media sosialnya pekan lalu. "Gunung-gunung berubah menjadi hijau di Makkah setelah hujan turun baru-baru ini," tulis Haramain.

Melalui penelusuran, ternyata adaa sejumlah hadits yang menyebut menghijaunya tanah Arab Saudi merupakan salah satu tanda kiamat. Hadits ini dikeluarkan oleh Imam Muslim. Rasulullah SAW bersabda,

Artinya: "Hari kiamat tidak berlaku sehingga tanah Arab menjadi subur makmur kembali dengan padang-padang rumput dan sungai-sungai." (HR Muslim)

Pegunungan Menghijau di Makkah <b>(Istimewa)</b> Pegunungan Menghijau di Makkah (Istimewa)

Imam Muslim turut meriwayatkan hadits serupa dari Abu Hurairah RA dengan redaksi yang lebih panjang. Disebutkan, pada suatu ketika Rasulullah SAW bersabda,

"Tidak akan terjadi hari kiamat, sebelum harta kekayaan telah tertumpuk dan melimpah ruah, hingga seorang laki-laki pergi ke mana-mana sambil membawa harta zakatnya, tetapi dia tidak mendapatkan seorang pun yang bersedia menerima zakatnya itu. Dan sehingga tanah Arab menjadi subur makmur kembali dengan padang-padang rumput dan sungai." (HR Muslim)

Hadits-hadits tersebut termuat dalam kitab Shahih Muslim dan kitab kumpulan hadits Misykat Al-Mashabih serta dinukil para ulama dalam kitab tentang kiamat. Umar Sulaiman Abdullah Al-Asyqar turut menukilnya dalam Al-Madkhal ila Dirasah Al-Akidah Al-Islamiyyah. 

Halaman
x|close