Ngeri, Partikel Plastik Ditemukan dalam Penis Manusia untuk Pertama Kalinya

NTVNews - Berita Hari Ini, Terbaru dan Viral - 21 Jul 2024, 08:34
Deddy Setiawan
Penulis
Siti Ruqoyah
Editor
Bagikan
ilustrasi penis ilustrasi penis (Istimewa)

Ntvnews.id, Jakarta - Para ilmuwan telah menemukan mikroplastik pada penis manusia untuk pertama kalinya, seiring dengan meningkatnya kekhawatiran akan proliferasi partikel-partikel kecil tersebut dan potensi dampaknya terhadap kesehatan. 

Dilansir dari USA Today, Jumat, 19 Juli 2024, tujuh jenis mikroplastik ditemukan pada empat dari lima sampel jaringan penis yang diambil dari lima pria yang berbeda sebagai bagian dari penelitian yang diterbitkan di IJIR: Your Sexual Medicine Journal pada hari Rabu.

Mikroplastik adalah fragmen polimer yang dapat berkisar dari kurang dari 0,2 inci (5 milimeter) hingga 1/25.000 inci (1 mikrometer). Yang lebih kecil lagi adalah nanoplastik yang harus diukur dalam seperseribu meter. Mereka terbentuk ketika plastik yang lebih besar terurai, baik secara kimiawi maupun secara fisik menjadi potongan-potongan yang lebih kecil.

Baca Juga: Gegar Bayi Lahir dengan 3 Penis

Beberapa partikel yang sangat kecil dapat menyerang sel dan jaringan di organ-organ utama, kata para ahli, dan bukti-bukti menunjukkan bahwa partikel-partikel tersebut semakin banyak ditemukan di dalam tubuh kita.

Penulis utama studi ini, Ranjith Ramasamy, seorang ahli urologi reproduksi yang melakukan penelitian saat bekerja di University of Miami, mengatakan bahwa dia menggunakan penelitian sebelumnya yang menemukan bukti mikroplastik di jantung manusia sebagai dasar penelitiannya.

Ramasamy mengatakan bahwa dia tidak terkejut menemukan mikroplastik di penis, karena penis adalah "organ yang sangat vaskular," seperti jantung.

Halaman
x|close