Breaking News! Israel Serang Yaman

NTVNews - Berita Hari Ini, Terbaru dan Viral - 21 Jul 2024, 08:34
Deddy Setiawan
Penulis
Siti Ruqoyah
Editor
Bagikan
Israel Serang Pelabuhan di Yaman Israel Serang Pelabuhan di Yaman (Istimewa)

Ntvnews.id, Jakarta - Israel menyatakan bahwa pesawat tempurnya telah menyerang target militer di pelabuhan Hodeida yang dikuasai oleh kelompok Houthi di Yaman. Serangan ini terjadi sehari setelah serangan drone oleh Houthi yang menewaskan seorang warga sipil di Tel Aviv.

"Darah warga Israel tidak murah," ujar Menteri Pertahanan Israel, Yoav Gallant, seperti yang dilaporkan reuters, Minggu, 21 Juli 2024 yang mengirimkan peringatan kepada pesaing-pesaingnya di Timur Tengah setelah serangan tersebut diumumkan.

Dia juga menyatakan akan ada lebih banyak operasi yang dilakukan "jika mereka berani menyerang kami".

"Pesawat tempur Israel menyerang target militer rezim Houthi di wilayah pelabuhan Hodeida di Yaman sebagai respons terhadap ratusan serangan yang dilakukan terhadap Israel dalam beberapa bulan terakhir," demikian pernyataan dari militer Israel.

Baca Juga: PBNU Terbitkan Surat Intruksi Larangan Kerja Sama dengan Lembaga Berafiliasi Israel

Kelompok Houthi mengklaim bertanggung jawab atas serangan ke kota-kota Israel termasuk Ashdod, Haifa, dan Eilat, namun serangan pada Jumat, 19 Juli 2024 di Tel Aviv adalah serangan pertama yang berhasil menembus pertahanan udara Israel.

Pada hari Jumat, 19 Juli 2024 Gallant berjanji untuk "menyelesaikan masalah" menyusul serangan di Tel Aviv yang oleh Houthi diklaim sebagai operasi solidaritas terhadap warga Palestina yang terlibat dalam konflik di Gaza.

Halaman
x|close