Profil Kamala Harris, Pengganti Joe Biden Maju di Pilpres AS 2024

NTVNews - Berita Hari Ini, Terbaru dan Viral - 22 Jul 2024, 10:56
Deddy Setiawan
Penulis
Siti Ruqoyah
Editor
Bagikan
Kamala Harris Kamala Harris (Istimewa)

Ntvnews.id, Washington DC - Presiden AS, Joe Biden, secara resmi mengundurkan diri sebagai kandidat presiden AS dan mendukung Wakil Presiden Kamala Harris sebagai penggantinya dalam menghadapi Donald Trump dari Partai Republik. Siapakah Kamala Harris?

Profil Kamala Harris

Kamala Harris, yang lahir pada 20 Oktober 1964 di Oakland, California, adalah Senator California dan dipilih sebagai calon wakil presiden Joe Biden pada 11 Agustus 2020. Dengan nama lengkap Kamala Devi Harris, ia adalah putri dari pasangan Donald Harris dan Shyamala Gopalan. Kamala Harris sudah menikah dengan Douglas Emhoff dan memiliki dua anak tiri, Cole dan Ella Emhoff.

Kamala Harris memulai kariernya sebagai wakil jaksa wilayah di Alameda County sebelum bergabung dengan Pengacara Kota San Francisco, Louise Renne, sebagai kepala Divisi Komunitas dan Lingkungan. Di sana, ia fokus pada penuntutan kasus pelecehan seksual terhadap anak-anak.

Baca Juga: Barack Obama Berikan Pujian Ini ke Joe Biden Setelah Mundur Pilpres AS

Harris menjadi wanita Afrika-Amerika pertama yang terpilih sebagai jaksa wilayah San Francisco, menjabat dari 2004 hingga 2010. Kemudian, ia menjabat sebagai Jaksa Agung California dari 2011 hingga 2017, mencatatkan sejarah sebagai wanita pertama, orang Afrika-Amerika pertama, dan orang Amerika keturunan Asia pertama yang memegang posisi tersebut.

Menurut harris.senate.gov, Kamala Harris telah mengabdikan hidupnya untuk melawan ketidakadilan, terinspirasi oleh ibunya, Shyamala, seorang imigran India-Amerika, aktivis, dan peneliti kanker payudara.

Halaman
x|close