7 Brigade Palestina Ini Disebut Siap Bantai Tentara Israel dalam Serangan ke Rafah

NTVNews - 8 Mei 2024, 10:38
Deddy Setiawan
Penulis
Beno Junianto
Editor
Bagikan
Brigade Palestina Brigade Palestina (Istimewa)

Ntvnews.id, Jakarta - Militer Israel telah menguasai Rafah di Jalur Gaza, yang merupakan daerah perbatasan dengan Mesir, dan telah melancarkan serangan di kota di bagian selatan tersebut. Hal ini terjadi di tengah ketidakpastian perjanjian gencatan senjata dengan Hamas.

Dilansir dari Al Jazeera, Rabu, 8 Mei 2024, Brigade 401 Israel memasuki perlintasan Rafah pada hari Selasa pagi, sehari setelah kelompok Palestina yang berkuasa di Gaza menyatakan bahwa mereka telah menerima proposal gencatan senjata yang dimediasi oleh Mesir-Qatar.

Israel, di sisi lain, bersikeras bahwa kesepakatan tersebut tidak memenuhi tuntutan utamanya. Melihat situasi di Rafah, disinyalir beberapa brigade Palestina siap untuk melawan pasukan Israel. Dilansir dari berbagai sumber, berikut kelompok brigade Palestina tersebut:

1. Brigade Qassam (Majd)

Brigade Palestina  <b>(Istimewa)</b> Brigade Palestina (Istimewa)

Brigade Qassam, yang pada awalnya dikenal dengan nama Majd, berdiri pada tahun 1988 dan menjadi kekuatan militer yang paling dominan di Jalur Gaza dan di seluruh wilayah Palestina. Salah satu pendirinya adalah Pemimpin Hamas di Gaza Yahya Sinwar.

Sejak didirikan, Brigade Qassam telah mengalami perkembangan yang signifikan, dimana kelompok ini dikenal karena melaksanakan serangkaian operasi pengeboman di wilayah Israel pada awal tahun 1990-an. 

Halaman
x|close