Ternyata Menonton Film Horor Ada Manfaatnya, Apa Saja?

NTVNews - Berita Hari Ini, Terbaru dan Viral - 23 Jul 2024, 16:04
Dedi
Penulis
Tasya Paramitha
Editor
Bagikan
Menonton Bioskop Menonton Bioskop

Ntvnews.id, Jakarta - Pernahkah kamu merasa lega dan bahagia setelah menonton film horor? Atau justru malah ketakutan dan teringat-ingat adegannya? Film horor memang identik dengan rasa takut dan ngeri. Tapi, tahukah kamu bahwa menonton film horor ternyata juga memiliki beberapa manfaat?

1. Membakar Kalori

Menonton Bioskop <b>(Pixabay)</b> Menonton Bioskop (Pixabay)

Menonton film horor dapat memberikan manfaat kesehatan bagi tubuh, salah satunya adalah membakar kalori. Saat menonton film horor, detak jantung kita bisa meningkat karena adrenalin yang terpicu oleh adegan-adegan menegangkan. Hal ini dapat membantu dalam membakar kalori lebih banyak dibandingkan saat menonton genre film lain yang lebih santai.

Sebuah studi yang dilakukan oleh Universitas Westminster menemukan bahwa menonton film horor selama 90 menit dapat membakar hingga 200 kalori, jumlah yang setara dengan berjalan kaki selama 30 menit. Jadi, bagi yang ingin membakar kalori tanpa harus berolahraga keras, menonton film horor bisa menjadi pilihan yang menyenangkan.

2. Mengurangi Stres

Menonton Bioskop Menonton Bioskop

Salah satu manfaat psikologis dari menonton film horor adalah kemampuannya untuk mengurangi tingkat stres seseorang. Ketika kita menonton adegan-adegan menegangkan dalam film horor, otak akan melepaskan hormon dopamin yang membuat kita terasa lebih rileks setelahnya. Sensasi takut yang dirasakan saat menonton film horor juga dapat membantu mengalihkan perhatian dari masalah sehari-hari yang menyebabkan stres.

Menurut seorang psikolog klinis, menonton film horor dapat menjadi bentuk terapi yang efektif bagi beberapa orang untuk mengatasi kecemasan dan stres. Dengan merasakan ketakutan secara aman melalui film, seseorang dapat belajar cara menghadapi emosi negatif dan kekhawatiran dalam kehidupan nyata.

Halaman

TERKINI

Load More
x|close