Profil Brigjen Ribut Hari Wibowo, eks Kapolres Solo yang Diangkat Jadi Kapolda Jateng Gantikan Ahmad Luthfi

NTVNews - Berita Hari Ini, Terbaru dan Viral - 29 Jul 2024, 10:43
Dedi
Penulis
Siti Ruqoyah
Editor
Bagikan
Irjen Pol Ribut Hari Wibowo Irjen Pol Ribut Hari Wibowo (Humas Polri)

Ntvnews.id, Jakarta - Brigjen Ribut Hari Wibowo telah resmi menduduki jabatan baru sebagai Kapolda Jawa Tengah (Jateng) untuk menggantikan Irjen Ahmad Luthfi. Sementara Irjen Ahmad Luthfi dimutasi sebagai Pati Itwasum Polri untuk penugasan di Kementerian Perdagangan (Kemendag).

Mutasi tersebut tertuang dalam Surat Telegram Kapolri Nomor ST 1554/VII/KEP/.2024. Para kapolda tersebut dimutasi dengan keterangan penugasan di luar struktur sampai dalam rangka pensiun. Nah, berikut profil Brigjen Ribut Hari Wibowo selengkapnya. 

Profil Ribut Hari Wibowo

Irjen Pol Ribut Hari Wibowo <b>(YouTube)</b> Irjen Pol Ribut Hari Wibowo (YouTube)

Perwira tinggi dengan berpangkat bintang satu itu adalah seorang pria kelahiran Magetan, 30 Juli 1974. Sehingga, tahun ini ia akan berusia 50 tahun pada esok hari. Saat ini, pangkat dan gelar lengkapnya adalah Brigjen. Pol. Ribut Hari Wibowo, S.H., S.I.K.

Namun, dengan dipilihnya Brigjen Ribut Hari Wibowo sebagai Kapolda Jateng, maka ia akan naik pangkat menjadi Irjen atau jenderal polisi bintang dua. Sebab, jabatan kapolda biasanya diemban oleh pati Polri berpangkat inspektur jenderal alias Irjen. 

Ribut merupakan lulusan Akademi Kepolisian (Akpol) 1996 yang memiliki pengalaman dalam bidang reserse. Ia satu angkatan dengan Irjen Jhonny Edison Isir yang saat ini menjadi Kapolda Papua Barat. Karena itu, akan ada dua kapolda dari alumni Akpol 1996. 

Halaman
x|close