Megawati ke Jokowi: Kenapa Sih Indonesia Maju, Bukan Indonesia Raya? Tidak Konsisten!

NTVNews - Berita Hari Ini, Terbaru dan Viral - 30 Jul 2024, 16:54
Moh. Rizky
Penulis
Tasya Paramitha
Editor
Bagikan
Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri dalam penutupan Rakernas V PDIP. (YouTube) Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri dalam penutupan Rakernas V PDIP. (YouTube)

Ntvnews.id, Jakarta - Ketua Umum PDI Perjuangan (PDIP) Megawati Soekarnoputri pernah mempertanyakan alasan Presiden Joko Widodo (Jokowi) menggunakan nama Kabinet Indonesia Maju di periode kedua pemerintahannya. Sebab, Megawati menilai penggunaan frasa Indonesia maju tak sesuai dengan semangat yang dibawa para pendiri bangsa Indonesia.

"Sepertinya kita ini, saya katakan, tidak konsisten. Saya bilang pada Pak Jokowi, 'Kenapa sih Indonesia maju. Mbok ya sudah, Indonesia Raya. Itu yang diharapkan diinginkan oleh para pendiri kita,'" ujar Megawati saat berpidato di Mukernas Perindo, Jakarta, Selasa (30/7/2024).

Megawati mengatakan ayahnya, Proklamator Kemerdekaan RI Sukarno, pernah bercerita bahwa Indonesia setelah merdeka sedang membangun jembatan emas. Menurutnya jembatan emas itu yang akan digunakan untuk Indonesia berjalan ke arah yang lebih baik dengan menjadi negara maju.

"Bung Karno kan selalu mengatakan, ketika itu saya masih SD. Kamu mesti ingat kalau kita merdeka ini tujuannya adalah menuju ke sana, yang sedang kita bangun adalah jembatan emasnya," papar Megawati.

Walau begitu, Megawati mengaku pada awalnya tidak langsung paham atas perumpamaan yang disampaikan Sukarno tersebut. Ia baru memahami perumpamaan tersebut ketika semakin dewasa.

"Apa sih ini bangun jembatan emas? Tapi lama-lama makin saya dewasa lalu saya mengerti bahwa itu hanya arah, bahwa berarti pengesahan Indonesia Raya yang ada di sana," tandas Megawati.

Halaman
x|close